Bupati Bantu 4 Sepeda Motor Tril, dan Alat Ukur Kepada BPN Untuk Percepat Sertifikasi Aset

Bupati Jember Hendy Siswanto dan Kepala BPN/ATR Kabupaten Jember, Sugeng Mulyo Santoso, saat serahterima Sepeda Motor dan alat ukur.
Bupati Jember Hendy Siswanto dan Kepala BPN/ATR Kabupaten Jember, Sugeng Mulyo Santoso, saat serahterima Sepeda Motor dan alat ukur.

Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU, menargetkan sertifikasi sebanyak 1.295 bidang tanah yang menjadi aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, tuntas  dalam jangka 3 tahun.


Untuk mempermudah pelaksanaan sertifikasi tersebut, Pemkab Jember menyerahkan bantuan pinjam pakai 4 sepeda motor dan alat ukur kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN)/Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kabupaten Jember.

 Prosesi serah terima 4 unit seperti motor tersebut, dilakukan oleh Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST.,IPU  kepada Kepala BPN Jember, Sugeng Mulyo Santoso di Halaman depan Pendopo Wahya Wibawagraha, Rabu (14/12). 

 Dalam sambutannya, Bupati berterima kasih atas kerjasama antara Pemkab Jember dengan BPN Jember. Penyerahan sepeda motor dan alat ukur tersebut digunakan untuk mempermudah menyelesaikan dengan cepat, sertifikasi Aset Pemkab Jember yang ribuan jumlahnya. Dia berharap aset  sejumlah 1.295 bidang tanah bisa tuntas dalam waktu 3 tahun, hingga 2024. 

"Itu berarti kurang lebih sebanyak 359 bidang tanah, yang menjadi target sertifikatkan setiap tahunnya," ucap Bupati Hendy dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Dia menjelaskan, bahwa BPN sudah menjalin kerjasama untuk sertifikasi Aset Pemkab Jember. Kepala BPN/ATR  akan membantu sertifikasi selesai dengan cepat. 

"Kami atas nama Pemkab jember memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terus kami mohon bantuan kegiatan ini bisa berlanjut.Bagaimana menjaga aset negara ini jangan sampe jadi persoalan kita nanti,"katanya.

Dia tegaskan bahwa sertifikasi Aset  tanah, merupakan wujud komitmen Pemkab jember dalam mengamankan kepemilikan barang milik negara berupa tanah.

 Tentunya dibutuhkan juga dukungan dari BPN untuk mensukseskan proses sertifikasi tanah dimaksud hingga terbitnya sertifikat.

"Menjaga aset ini merupakan bagian dari pertahanan Nasional kita dan menjadi kekuatan NKRI," imbuh Bupati. 

 Sedangkan Kepala BPN/ATR  Kabupaten Jember/ Sugeng Mulyo Santoso  menyatakan bahwa  bantuan itu merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jember dan BPN Jember sebagai upaya percepatan layanan pendaftaran tanah. Langy ini sebagai wujud kolaborasi, sinergisitas,  yang sudah menjadi program Pemkab Jember. 

"Kami siap mendukung program Pemkab Jember lainnya, utamanya terkait legalitas aset dan aset Pemkab," tegas Sugeng. 

"Khususnya penataan asset dan juga kerjasama yang lain seperti pengadaan tanah dan redistribusi tanah,"sambungnya.