Nadeo Argawinata Selamatkan Timnas Garuda Dari Kekalahan 

Reporter RMOLJatim Taufik Panji Alam (Kiri) bersama penjaga gawang Timnas Garuda, Nadeo Argawinata/RMOLJatim
Reporter RMOLJatim Taufik Panji Alam (Kiri) bersama penjaga gawang Timnas Garuda, Nadeo Argawinata/RMOLJatim

Tim Nasional Sepakbola Indonesia harus berjuang mati matian untuk melewati pertarungan yang sangat melelahkan untuk mengalahkan Tim Sepakbola tuan rumah Singapura. 


Bermain dengan penuh adegan menarik untuk disaksikan akhirnya anak asuh Shin Tae Yong berhasil merebut kemenangan akhir dengan skor 4-2 pada Leg kedua Semifinal Piala AFF 2020 di Nations Stadium, Sabtu (25/12) malam .

Bermain imbang 2-2 hinga 90 menit waktu normal pun terjadi, insiden tiga kartu merah, satu eksekusi penalti yang gagal dimanfaatkan oleh sekuat anak asuh Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida. Dengan jumlah 8 pemain tambahan babak kedua pun terjadi. 

Tambahan waktu Dewi fortuna berpihak kepada skuat Garuda Muda Indonesia hingga sukses keluar sebagai pemenang dari tetangga Singapura. Keempat gol Indonesia lahir dari Ezra Walian menit ke-11, Pratama Arhan menit ke-87, gol bunuh diri Shawal Anwar menit ke-91, pun Egy Maulana menit ke-105+2.

"Saya melihat keberuntunggan Timnas Indonesia pada laga Leg kedua di semi final melawan tuan rumah Singapura ada peran penjaga gawang Nadeo Argawinata. Apresiasi layak diberikan ke pada penjaga gawang berusia 24 tahun itu," kata penulis berita olahraga yang juga wartawan Kantor Berita RMOLJatim, Taufik Panji Alam. 

Menurut Taufik, serangkaian aksi penyelamatan kiper Nadeo dan penampilannya turut mengantarkan Indonesia lolos ke partai final Piala AFF 2020.

"Andai penalti itu gagal ditepis Nadeo Argawinata, mungkin lain ceritanya," terangnya.  

Seperti diketahui pada menit akhir babak kedua, wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al Hatmi memberikan hadiah penalti untuk Singapura. 

Beruntung Nadeo dengan sigap langsung menepis tendangan keras Pemain asal Singapura, Faris Ramli. 

Alhasil babak tambahan pun terjadi hingga kemenangan dramatis 4-2 menutup laga semifinal dengan kemenangan Indonesia dari lawanya Singapura.

Partai final, skuat Garuda tinggal menunggu pemenang antara Thailand dan Vietnam yang akan melakoni leg kedua semifinal pada Minggu (26/12/2021).

Kekuatan anak anak Garuda akan diuji kembali pada laga final yang akan digelar pada Rabu (29/12) pukul 19.30 WIB.