Reses, LaNyalla Tinjau Pembangunan Kompleks Masjid Agung Sunan Ampel

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meninjau pembangunan kompleks Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya/Ist
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meninjau pembangunan kompleks Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya/Ist

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengisi masa reses di Jawa Timur dengan meninjau pembangunan kompleks Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Selasa (28/12).


LaNyalla berharap pembangunan sarana dan prasarana ini akan lebih memakmurkan masjid dan memberi rasa khusu' bagi siapa saja yang beribadah.

"Dengan dibangunnya bermacam sarana seperti aula, penginapan dan lain-lain tentunya akan mempermudah untuk kegiatan masyarakat, jamaah maupun peziarah. Pastinya sangat memberi kemaslahatan bagi umat," ujar LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur menegaskan akan terus berkomitmen mengawal penyelesaian pembangunan prasarana tersebut. Ia berharap masyarakat juga mendukung secara nyata.

"Kita juga mengajak masyarakat terutama para dermawan untuk andil dalam pembangunan sarana di sini. Bantuan atau sumbangan dalam bentuk apapun bisa langsung diserahkan ke panitia pembangunan atau takmir masjid," tegasnya.

Peninjauan pembangunan kompleks dilakukan LaNyalla usai ziarah ke Makam Sunan Ampel. Dalam kesempatan itu, LaNyalla didampingi pengasuh Ponpes Mardhotillah, Sidoarjo, Ustadz M Maliki Muhadi dan pengurus Masjid Agung Sunan Ampel Gus Zainal Abidin dan Gus Ahmad Zaruk.

Dijelaskan oleh Gus Zainal Abidin sarana yang dibangun berupa aula, kantor masjid, juga penginapan untuk para da'i dari luar kota.

"Aula ini bisa untuk belajar ngaji anak-anak, kajian para remaja dan lain-lain. Kemudian ada tempat istirahat untuk para da'i yang dari luar kota. Biasanya saat Ramadhan itu banyak da'i dari luar yang jadi imam, juga berkegiatan di sini," paparnya.

Proses pembangunan sudah berlangsung sekitar satu tahun. Nantinya di kawasan masjid juga akan ditanam pohon kurma sebanyak 12 titik.