Anwar Sadad Yakin Santri Siap Hadapi Tantangan Era Society 5.0

Anwar Sadad saat berbicara dihadapan para santri/ist
Anwar Sadad saat berbicara dihadapan para santri/ist

Para santri diyakini siap menghadapi era Society 5.0. Pasalnya, Santri sudah terbiasa mandiri. Mereka terlatih mencari jawaban atas problem kemasyarakatan.


 “Society 5.0 pada dasarnya bertumpu pada kemampuan personal untuk mengoptimalkan sumberdaya teknologi, khususnya teknologi digital, sebagai solusi,” kata Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad saat menjadi narasumber Seminar Nasional diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Bata-Bata Pamekasan di Bangkalan, Selasa 25 Januari 2022.

Sekadar diketahui, dalam Seminar Nasional tersebutkan diadakan dalam rangka Milad ke-17 Ikatan Mahasiswa Bata-bata, menghadirkan Menparekraf Sandiaga Uno, Bupati Sampang Slamet Junaidi, dan Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron.

Kepada para santri, Wakil Ketua DPRD Jatim itu mengatakan, tugas pemerintah adalah melakukan mentoring terhadap para santri dan anak muda pada umumnya, agar bonus demografi dikapitalisasi sebagai aset dan keuntungan, bukan sebagai beban.

“Bagi santri yang terdidik di perguruan tinggi, seperti Imaba, dan organisasi santri mahasiswa lainnya, perlu membangun jaringan antar santri mahasiswa, agar kohesifitas di antara mereka makin kuat,” tambah pria yang digadang akan maju dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2024 itu.

“Pesantren sebagai subkultural memiliki succes story, misalnya Bata-bata ini, dapat menjadi best practice pengembangan santri dan pesantren menghadapi era disrupsi in,” pungkasnya.