Bondowoso Jalin Kerjasama Pendampingan Dengan Australia

Bupati Bondowoso saat berikan cinderamata kepada perwakilan kedutaan Australia/RMOLJatim
Bupati Bondowoso saat berikan cinderamata kepada perwakilan kedutaan Australia/RMOLJatim

Peningkatan kualitas hidup masyarakat hingga pemberdayaan ekonomi dilakukan pemerintah Bondowoso dengan berbagai cara, salah satunya dengan bekerjasama.


Kabupaten Bondowoso bersama Australia menjalin kegiatan pendampingan yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup kelompok miskin dan rentan, peningkatan pelayanan dasar serta peningkatan peluang ekonomi masyarakat. 

Bupati Bondowoso Drs. KH Salwa Arifin menerangkan, pendampingan dan penguatan kapasitas aparatur lainnya dinilai sangat bermanfaat bagi Pemkab Bondowoso. Pembangunan ekonomi berkelanjutan juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat.

"Saya berharap kerjasama kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia dapat dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (4/2) usai pelepasan Program KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat Dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan), di Pendopo Bupati.

Di tempat yang sama, Pimpinan Unit Tata Kelola Desentralisasi di Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, Astrid Kartika berpesan kepada Pemkab Bondowoso agar menjaga investasi yang sudah dibangun selama 7 tahun di Bondowoso. Yakni terkait dengan interkonektivitas data serta proses verifikasi validasi yang berbasis desa.

"Itu mohon dijaga karena memang itulah modal sebuah pemerintah kabupaten untuk bisa menghemat anggaran dan juga menghasilkan hal-hal baik di daerahnya," jelasnya.

Dijelaskan Astrid, bahwa kepala desa dan camat sangat mendukung program tersebut sehingga dampaknya sangat terasa di masyarakat desa. Karena merekalah ujung tombak dari pelayanan yang ada di Bondowoso.

Ada Lima program kerjasama antara Bondowoso dengan Australia, diantaranya program Gerakan Kesetaraan Berbasis Desa (Getar Desa), program Stop Berduka ( Sinergi Total Pencegahan Bersalin Di Dukun Bayi Dan Selamatkan Ibu), program Gerakan Tuntas Adminduk (Gertas), program Gerakan Tanggap Dan Peduli Masyarakat Miskin (Tape Manis), program Sistem Informasi Desa yaitu Sistem Administrasi Informasi Desa (Said).