Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Siapkan Ratusan Relawan untuk Quick Count Pilkades 2022

Suasana Bimtek para relawan hitungan cepat Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Probolinggo /Saifullah
Suasana Bimtek para relawan hitungan cepat Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Probolinggo /Saifullah

Sebanyak 274 relawan pemantau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tata cara hitung cepat hasil suara pilkades.


Bimtek diberikan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo.

Relawan yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Pilkades ini terdiri dari 24 orang Korcam dan 250 orang Ketua Kordes. Mereka nanti diharapkan bisa menularkan ilmu yang diperolehnya kepada kordes lain yang akan bertugas sebagai pemantau dan satgas hitung cepat suara Pilkades di 1.847 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pada 17 Pebruari 2022 mendatang.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, bimtek ini dilaksanakan di 4 titik lokasi. Yakni, KPRI Guyub Rukun Kecamatan Wonomerto (wilayah barat), SDN Maron Wetan 1 Kecamatan Maron (wilayah tengah) dan KPRI Bina Sejahtera Kecamatan Besuk (wilayah timur), Senin (14/2/2022), serta Pendopo Kecamatan Krucil pada Selasa (15/2/) khusus untuk Kecamatan Tiris dan Krucil.

Dalam kesempatan tersebut, para korcam dan kordes mendapatkan pemaparan tentang tugas yang harus dilakukan pada saat pelaksanaan Pilkades serentak serta simulasi tata cara penyampaian hitung cepat melalui aplikasi kepada operator.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas korcam dan kordes.

“Sebenarnya tugas dari relawan ini sangat mudah sekali. Datang ke TPS pada jam yang sudah ditentukan dan menyampaikan dokumentasi kegiatan selama pelaksanaan Pilkades,” kat Ugas kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (14/2).

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa terbantu dengan adanya relawan pemantau dan hitung cepat suara Pilkades serentak ini,” lanjutnya.

Ugas menjelaskan sebagai satgas hitung cepat suara Pilkades serentak, relawan pemantau Pilkades ini juga memantau dan langsung melaporkan hasil penghitungan suara di masing-masing TPS. Sehingga nantinya akan diketahui lebih cepat perolehan suara dari masing-masing calon kepala desa.

“Semoga pelaksanaan Pilkades serentak ini bisa berjalan dengan amanah, professional, damai dan aman Covid-19. Harapannya para relawan ini bisa memahami dengan baik tugas dan kewajibannya,” pungkasnya.