Sambut Kunjungan Komisi V DPR RI, Bupati Jombang Sampaikan Usulan DAK Kementrian PUPR

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dan Pimpinan Komisi V DPR RI Muhammad Arwani Thomafi dalam kunjungannya di Jombang/RMOLjatim
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dan Pimpinan Komisi V DPR RI Muhammad Arwani Thomafi dalam kunjungannya di Jombang/RMOLjatim

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Wakil Bupati Sumrambah menerima kunjungan kerja jajaran Komisi V DPR RI di Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (21/02).


Usai dialog dengan Bupati dan Wakil Bupati beserta Forkopimda Jombang, jajaran Komisi V meninjau Jembatan Ploso yang sudah rampung seratus persen pekerjaannya. Ikut hadir mendampingi rombongan Kementerian PUPR, BMKG, dan BBWS.

Pimpinan Komisi V DPR RI Muhammad Arwani Thomafi menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemkab Jombang khususnya Bupati yang telah menerima agenda kunjungan kerja Komisi V.

“Dapat kami sampaikan pada prinsipnya Jombang punya posisi strategis yang menghubungkan wilayah utara brantas dan selatan," kata Arwani Thomafi.

Menurutnya, posisi tersebut membutuhkan perencanaan serta skema pembangunan infrastruktur yang memadai untuk akses masyarakat. Sehingga dibangunnya jembatan Ploso yang menghubungkan sisi selatan dan utara ini diharapkan memberikan manfaat khususnya dari segi transportasi.

“Semoga dibangunnya jembatan Ploso ini dapat menunjang aktifitas masyarakat lebih lancar," harapnya dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Dalam agenda itu, juga ada sesi tanya jawab yang dilakukan Pemkab Jombang dan jajaran Komisi V serta pemerintah pusat. Beberapa hal yang dibahas meliputi infrastruktur di Kabupaten Jombang meliputi jalan, Sumber Daya Air serta PJU yang menjadi kewenangan pusat serta sejumlah program yang diusulkan ke pemerintah pusat melalui DAK.

“Tadi disampaikan pula ada beberapa usulan dan harapan kami Kementrian PUPR agar segera merespons dan menindaklanjuti usulan ini," imbuh Arwani Thomafi, anggota DPR RI dari Fraksi PPP.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan hal yang sama yakni memberikan apresiasi dan rasa syukur dalam pertemuan bersama Komisi V DPR RI dan Kementrian PUPR, BBWS, serta kementrian terkait yang telah berkunjung ke Kabupaten Jombang.

“Ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengusulkan sejumlah program melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Kementrian PUPR. “Harapan kami jajaran Komisi V DPR RI juga membantu memberikan dorongan kepada Kementrian PUPR agar usulan DAK Kabupaten Jombang disetujui," pungkasnya.

Usai melakukan audiensi di Pendopo Kabupaten, rombongan Komisi V kemudian bergeser meninjau jembatan Ploso yang didampingi Wabup Sumrambah, Kapolres dan beberapa kepala OPD terkait.