Suhu Puncak Awan Capai Titik Rendah, Surabaya Diguyur Hujan Es

Hujan es di Surabaya/ net
Hujan es di Surabaya/ net

Hujan es terjadi di beberapa wilayah di Kota Surabaya. Peristiwa itu juga disertai hujan lebat dan angin kencang yang terjadi pada Senin, (21/2), sore. 


Beberapa daerah yang mengalami hujan es, rata rata di Surabaya bagian barat dan selatan, diantaranya Wiyung, Manukan dan Sukomanunggal, Wonokromo dan Sebagainya. 

Dari pantauan, bongkahan es tersebut, berdiameter sekitar 1 sampai 2 cm. Jika jatuh area banjir, begitu cepat larut. 

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Tonny Setiyawan menjelaskan, ada  beberapa hal yang menjadi penyebab fenomena hujan es di Surabaya.

"Pertama dikarenakan suhu konvektif sebagai syarat terjadinya awan konvektif tercapai yang membentuk awan cumulonimbus, yang relatif tinggi dengan ketinggian sekitar 8-9 kilometer dengan suhu puncak awan mencapai -69 hingga -100 derajat celsius," ujar Tony dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Selain itu, juga dikarenakan nilai reflektifitas awan penghujan pada citra racar relatif tinggi. Pada kejadian hujan es di Surabaya nilai reflektifitasnya sekitar 50-60 dBz.

Selain itu, butiran hujan es yang turun dari awan cumulonimbus yang relatif tinggi tidak terkikis habis oleh gesekan udara atau angin. 

"Sehingga, sampai di bawah masih berupa butiran es. Dia akan larut ketika kena air, atau kondisi suhu yang panas," pungkasnya.