71,2 Persen Emak-emak Puas Terhadap Kinerja Khofifah-Emil

Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak/Net
Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak/Net

Kepuasan emak-emak selama tiga tahun kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Jawa Timur cukup tinggi, yakni mencapai 71,2 persen. Hal ini terpotret melalui hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC).


Yang lebih mengejutkan, angka kepuasan ini melebihi kepuasan emak-emak Jatim terhadap kepemimpinan Presiden, Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin yang hanya mencapai angka 66,8 persen.

“Hasilnya jelas, emak-emak lebih puas dengan kepemimpinan Khofifah-Emil dibandingkan kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf," kata Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi, saat rilis survey bertajuk "Riting politik emak – emak jatim" di Surabaya, Rabu, (23/02).

Ikhsan menguraikan, dari keseluruhan responden hanya 5,7 persen yang tidak puas dengan kepemimpinan Khofifah-Emil, 8,4 persen menyatakan kurang puas dan sisanya yang 4,7 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. 

Sementara untuk kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf, 3 persen dari mereka menyatakan tidak puas. Sisanya, 25,6 persen responden menyatakan kurang puas, dan 4,6 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Lebih lanjut, Kandidat Doktor Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya ini mengatakan pemerintah pusat, yakni Jokowi-Ma’ruf harus  bisa lebih menyentuh hati Emak-Emak. 

“Terkait kepuasan kinerja, tentunya ini menjadi langkah bagus bagi Khofifah-Emil dalam menjalankan kepemimpinannya hingga 2024 nanti”, pungkas Ikhsan.

Sekadar diketahui, survey ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Februari 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.