Dinkes dan Dinsos Jadi OPD dengan Kinerja Terbaik Versi Emak-emak Jatim

rilis Surabaya Survey Center (SSC)/ repro
rilis Surabaya Survey Center (SSC)/ repro

Riset Surabaya Survey Center (SSC) menyebut 71,2 persen kaum emak-emak puas terhadap kinerja Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak memimpin Jawa Timur. Capaian ini cukup sukses karena harus bekerja ditengah pandemi Covid-19.


Angka kepuasan emak-emak ini juga ditopang oleh kinerja sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang bekerja serius untuk menerjemahkan visi-misi Khofifah-Emil dengan baik.

Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi mengungkapkan, Dinas Kesehatan menjadi OPD dengan kinerja terbaik versi emak-emak, yakni sebesar 32,3 persen, selanjutnya, Dinas Sosial, 17,1 persen dan Dinas Pendidikan 13,9 persen.

"Tiga dinas di Pemprov Jatim ini memiliki kinerja baik," kata Ikhsan saat rilis survey bertajuk "Riting Politik Emak-emak Jatim" di Surabaya, Rabu, (23/02).

Sementara untuk OPD dengan kinerja terendah, yakni Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Perindustrian Perdagangan masing-masing hanya 0,1 persen, dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman masing-masing 0,3 persen serta Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga 0,4 persen.

"Dinas Koperasi dan UMKM 3,6 persen Dishub, 1,6 persen, Diskominfo 1,3 persen dan Disnaker 1,2 persen" jelasnya.

Caption : rilis Surabaya Survey Center (SSC)/ repro

Sekadar diketahui, survey ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Februari 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.