Bangun Desa Digital Seluruh Indonesia, Pemerintah Segera Luncurkan Tiga Satelit Satria

Kepala Badan Penelitian dan pengembangan BPSDM Kementerian Kominfo,  Hary Budiarto saat menjadi saat  narasumber di podcast STIKOSA-AWS, Jumat (25/2)/Ist
Kepala Badan Penelitian dan pengembangan BPSDM Kementerian Kominfo,  Hary Budiarto saat menjadi saat  narasumber di podcast STIKOSA-AWS, Jumat (25/2)/Ist

Komitmen pemerintah untuk merealisasikan infrasrtuktur transformasi digital terus berlangsung hingga saling terkoneksi di seluruh lapisan masyarakat di pelosok desa pada tahun 2024. 


Melalui Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) RI, pemerintah akan meluncurkan satelit baru bernama Satelit Satria I, II dan III, hingga pada tahun 2024 mendatang. 

Hal ini diutarakan Kepala Badan Penelitian dan pengembangan BPSDM Kementerian Kominfo,  Hary Budiarto saat menjadi narasumber di podcast STIKOSA-AWS yang mengangkat tema "Network Marketing Communication dan Talenta Digital Masa Depan", Jum’at sore (25/2).

“Jadi nantinya, satelit ini akan mengkoneksikan antar individu masyarakat dalam coverage area yang selama ini sulit dan yang terputus koneksi akses digital,  terutama masyarakat di daerah pegunungan yang sulit mendapatkan akses layanan digital,” ungkap Hary dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Hary berharap hingga tahun 2024 mendatang, di Indonesia sudah terealisasi desa-desa digital sebagai salah satu program utama BPSDM Kementerian Kominfo, yang mewujudkan slogan yang digaungkan pemerintah “Indonesia semakin terkoneksi, semakin digital, dan semakin maju”. 

Kementerian Kominfo, lanjut Hary, saat ini juga menyiapkan program  lainnya hingga tahun 2024. Diantaranya program pelatihan atau workshop Digital Talent Scholarship (DTS) sebagai akselearasi transformasi digital bagi bupati, walikota, gubernur maupun kepala pemerintahan daerah, pelatihan digital talent untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk kalangan professional, untuk akademisi dan pendidikan sekolah, hingga untuk kelompok wirausaha mikro masyarakat.  

“Pada tahun 2021, pengembangan DTS mencapai 25.000 hingga 50.000 peserta pelatihan, tahun 2022 ini kita ditargetkan hingga 200 ribu peserta digital talent, setiap tahun target pemerintah terus berkembang. Saya belum tahu, untuk tahun 2023 berapa yang akan pemerintah targetkan nantinya,” ujar pria  kelahiran Surabaya ini. 

Dalam merealisasi kesempatan tersebut, BPSDMP Kementerian Kominfo Surabaya, diantaranya telah bekerjasama dengan STIKOSA-AWS sebagai instruktur pelatihan dan pendampingan digital talent di Indonesia Timur, yang hingga saat ini masih dilangsungkan pelatihan terhadap masyarakat pekerja migran Indonesia di Lombok Tengah, yang memanfaatkan sarana media digital marketing.

Di tempat yang sama, F&B Expert Executive Vice President Indonesia Council for Small Business, ICSB, Achmad Mufid Wahyudi,   memamparkan, dalam kompetisi industry 5.0 dan era digital ini, sebagian besar kemampuan yang dikerjakan manusia, sekarang sudah bertransformasi dengan kemampuan mesin-mesin digital. Sehingga jumlah SDM pekerja manusianya banyak berkurang, terseleksi dengan sendirinya. 

"Di sinilah peran penting berbagai pihak, bukan hanya pemerintah semata, untuk melakukan penyiapan-penyiapan pngembangan SDM di bidang digital, yang terkait dengan hal-hal tertentu yang tidak dapat tergantikan tenaga manusia dengan tenaga mesin," tandasnya.