Kader PDIP Wajib Membumikan Pancasila Dan Jaga NKRI

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Kader PDI Perjuangan wajib membumikan Pancasila serta menjaga NKRI. Hal tersebut disampaikan anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Nugroho saat mengadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dengan tema penguatan Pancasila sebagai upaya menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dalam masyarakat di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Madiun, Minggu (27/2).


Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa Mas Bagus ini menegaskan, kader partai harus selalu menjaga dan membumikan Pancasila, jangan sampai tergerus oleh ideologi lain yang akan merusak bangsa.

"Sesuai arahan dan perintah dari Ketua Umum Ibu Megawati, kader PDI Perjuangan wajib membumikan Pancasila di masyarakat untuk menjaga NKRI melalui Pancasila dalam tindakan. Salah satunya contoh gotong royong, menjaga toleransi antar umat beragama yang keduanya merupakan nilai-nilai dari Pancasila," terang mas Bagus kepada Kantor Berita Rmoljatim Rmoljatim di Madiun.

Tampak hadir pula dalam acara sosialisasi jajaran pengurus DPC, PAC ranting se-wilayah Kota Madiun, serta dihadiri anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Madiun.

Sementara itu usai acara, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Madiun Anton Kusumo mengatakan, merawat, menjaga dan mengamalkan Pancasila adalah kewajiban seluruh bangsa Indonesia. Terlebih lagi, saat ini Pancasila terus dirongrong oleh ideologi yang berseberangan dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

"Ini bahaya sekali. Karena itu, kader partai wajib terus mensosialisasikan tentang Pancasila kepada masyarakat. Kader partai harus betul-betul menjaga dan mengamalkan Pancasila. Musuh utama kita adalah radikalisme dan intoleransi, paham seperti itu tidak boleh hidup di bumi Pertiwi," tegas Anton.

Selain memberikan pemahaman tentang Pancasila, momen wawasan kebangsaan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan konsolidasi internal partai sebagai langkah dalam menyongsong Pemilu 2024.

Pasalnya, dengan intensitas pertemuan yang sering maka akan menguatkan dan membuat partai semakin besar.