Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM, Undar Jombang Gelar Seminar Nasional

Seminar ekonomi di kampus Undar Jombang/Rmoljatim
Seminar ekonomi di kampus Undar Jombang/Rmoljatim

Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang ikut berperan aktif dalam upaya mendukung pemerintah dalam pemulihan pertumbuhan dan peningkatan ekonomi nasional yang turun akibat pandemi Covid-19.


Hal itu terungkap dalam seminar nasional bertajuk "Penguatan Perekonomian Desa Melalui Pemberdayaan UMKM" yang digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Undar.

Rektor Undar, Dr Amir Maliki Abitolkha mengatakan, di kalangan kampus konsen membantu untuk membangkitkan ekonomi, baik bagi dunia usaha, pengembangan UMKM dan koperasi. Yang mana menjalankan program fungsi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami sangat merespon terkait dengan adanya penurunan ekonomi masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19. Sehingga, kegiatan ini bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi nasional kita," katanya disela-sela kegiatan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (1/3).

Ketua IKA PMII Jombang ini menandaskan, Undar Jombang dalam hal ini ikut berperan aktif memberikan masukan dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Jombang dan Indonesia pada umumnya.

Ia berharap melalui seminar yang dihadiri sejumlah pembicara nasional ini mampu membawa kemslahatan ekonomi bagi Indonesia kala badai pendemi.

“Harapannya bisa menggali dan memberi masukan kepada pemerintah kabupaten Jombang, dalam upaya untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 melalui peran UMKM," imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, beserta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain itu, sebagai pembicara seminar nasional yakni, Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi Jawa Timur, Andromeda Qomariah.

Hadir juga sejumlah Alumni Undar seperti, Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, dan Ketua Apdesi Jawa Tengah Agung Heri Susanto.