Lagi, KKB Bantai 8 Karyawan PTT di Puncak Papua hingga Tewas

Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/Net
Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/Net

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali berulah dengan melancarkan aksi teror. Kali ini, delapan karyawan PTT (Palapa Timur Telematika) tewas di bunuh saat melakukan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.


Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan bahwa penyerangan tersebut diketahui ketika salah satu karyawan PTT menghubungi aparat via telpon.

"Penyerangan yang dilakukan oleh KKB terhadap karyawan Palaparing Timur Telematika (PTT) terjadi pada Rabu 2 Maret 2022 di Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel "CO 53M 756085 9585257" di Wilayah Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, namun baru diketahui hari ini," kata Kamal, Kamis (3/3).

Kamal menjelaskan, dari keterangan saksi NS bahwa saat penyerangan oleh KKB dirinya tidak berada di Camp. Saat kembali dia melihat rekan-rekannya sudah meninggal dunia.

“Melihat rekan-rekannya sudah tidak bernyawa, sekira pukul 13.00 WIT saksi meminta bantuan penyelamatan melalui CCTV Tower BTS 3. Kemudian pukul 16.00 WIT baru termonitor di CCTV Pusat PTT di Jakarta,” jelas Kamal dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Dari penyerangan tersebut delapan orang di laporkan meninggal dunia dan satu orang selamat. Adapun korban yang meninggal, ungkap Kamal ialah B, R, BN, BT, J, E, S dan PD. Sedangkan satu korban selamat berinisial NS.

Saat ini para korban masih berada di TKP Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel dan belum bisa dilakukan evakuasi dikarenakan terkendala cuaca. Karena untuk sampai di TKP hanya bisa melalui jalur udara.

“Pihak Perusahaan PT. Palapa Timur Telematika (PTT) sudah mengevakuasi karyawan yang berada di BTS 4. Sedangkan untuk di BTS 3 belum bisa dilakukan karena terkendala cuaca,” ungkap Kamal.