Kabupaten Jombang Jadi Salah Satu Uji Coba Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Pertemuan pengembangan pelaksanaan DRPPA dan PPRG desa/ist
Pertemuan pengembangan pelaksanaan DRPPA dan PPRG desa/ist

Kabupaten Jombang terpilih menjadi salah satu daerah uji coba Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang telah dilakukan pemetaaan dan pelatihan bagi kader atau relawan SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).


Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, Dra Restu Novi Widiani, saat membuka pertemuan pengembangan pelaksanaan DRPPA dan PPRG desa di lingkungan Kabupaten/Kota Provinsi Jatim 2022 di Surabaya, Selasa (17/3).

"Ada tiga kabupaten di Jatim yang menjadi daerah ujicoba yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Kediri," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Ia melanjutkan, Jawa Timur sebenarnya telah mempunyai Pedoman Perencanaan Responsif Gender (PPRG) desa, yaitu suatu upaya mengintegrasikan isu gender dalam setiap proses penyusunan perencanaan baik itu perencanaan strategis/jangka panjang, menengah, di desa dalam bentuk dokumen RPJM desa dan perencanaan operasional dalam bentuk RKPD desa.

"Melalui proses integrasi isu gender dalam perencanaan di desa yang akan mendukung dalam pelaksanaan desa ramah perempuan dan peduli anak di desa," imbuhnya.

Implementasi desa ramah perempuan dan peduli anak di desa, pihaknya berharap desa mampu menyelenggarakan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dapat menjadi episentrum baru bagi pembangunan yang berbasis kesetaraan gender, serta perlindungan hak perempuan dan anak.

"Selain itu peran desa yang sangat besar dalam pembangunan nasional tentunya sangat strategis untuk dapat diberdayakan dalam mencapai tujuan-tujuan SDGS melalui prinsip no one left behind," pungkasnya.