Ratna Sarumpaet Luncurkan Buku "Aku Bukan Politikus" di Museum Benyamin Sueb

Ratna Sarumpaet menyerahkan buku berjudul
Ratna Sarumpaet menyerahkan buku berjudul

Acara peluncuran buku karya Ratna Sarumpaet berjudul "Aku Bukan Politikus" yang dipublikasikan oleh Booknesia bersama Kantor Berita Politik RMOL, berlangsung meriah dan penuh khidmat.


Acara dilangsungkan secara hybrid, di Museum Benyamin Sueb, di Kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Kamis malam (24/3) dan disiarkan secara live melalui zoom meeting.

Praacara diawali dengan penampilan instrumentalia dawai biola oleh Ranzia Basalamah sebagai pembuka.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan cuplikan video perjuangan Ratna Sarumpaet yang juga melakukan advokasi bencana alam tsunami Aceh.

Juga ada prakata dan kesaksian dari warga Kampung Aquarium Jakarta yang pernah diadvokasi oleh Ratna Sarumpaet.

Menginjak acara selanjutnya, sambutan dari Pemilik Booknesia yang sekaligus adalah CEO RMOL Network Teguh Santosa.

Dalam sambutannya, Teguh menceritakan asal muasal keinginan Ratna Sarumpaet menerbitkan buku hingga diluncurkannya buku berjudul "Aku Bukan Politikus". Ia menyambut baik keinginan seorang aktivis perempuan yang terkenal garang pada era Orde Baru itu.

Acara dilanjut dengan penampilan Seni Tutur Aceh yang mengisahkan perjalan seorang Ratna Sarumpaet, oleh Agus Nuramal Pmtoh.

Selanjutnya, ada juga penampilan monolog berjudul "Marsinah Menggugat" oleh Atiqah Hasiholan. Para hadirin tampak antusias dan khidmat menyaksikan penampilan puteri dari Ratna Sarumpaet itu.

Memasuki acara puncak, pidato kunci dari Ratna Sarumpaet terkait peluncuran buku "Aku Bukan Politikus".

Usai Ratna memberikan orasi kunci, ada juga testimoni dari Koordinator Indonesia bersih (KIB) M Adhie Massardi. Adhie memberikan sambutan tanpa kata yang panjang ia hanya mengucapkan selamat dan meneteskan air mata.

Acara yang penuh dengan nuansa perjuangan nan haru ini berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun.