18 Kelurahan di Kota Mojokerto Resmi Jadi Rumah RJ

Walikota Mojokerto Ning Ita menyerahkan surat peresmian kelurahan restorative justice/ist
Walikota Mojokerto Ning Ita menyerahkan surat peresmian kelurahan restorative justice/ist

Kajari Kota Mojokerto bersama jajaran Forkompimda menggelar peresmian rumah perdamaian atau restorative justice (RC) di Sabha Kidha Tama Gedhong Hageng, Kamis ( 31/3). 


Dalam kegiatan restorative justice secara online, difokuskan di Kabupaten Bojonegoro yang dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati ) Jawa Timur Dr. Mia Amiati, S.H., M.H didampingi para jajarannya. 

Peresmian secara serentak ini juga diikuti oleh Kajari Kota Mojokerto Hadiman,SH,MH bersama Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beny Asman, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto,SH dan para tokoh agama.

Kajati Jawa Timur, Mia Amiati, saat meresmikan secara virtual mengatakan restorative justice adalah sebuah proses mencari keadilan dengan penghentian penuntutan. Hal ini bisa dilakukan bila persoalan ini tuntutannya di bawah 5 tahun, nilai nominal dibawah Rp 2,5 juta dan baru yang pertama kalinya tersangkut persoalan pidana.

"Tujuan utama adalah untuk bisa menumbuhkan keadilan di masyarakat, hukum harus tumpul kebawah tajam ke atas,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto Hadiman, dikutip Kantor Berita RMOLJatim mengatakan, bahwa Kota Mojokerto sudah mempunyai rumah RJ sebanyak 18 titik. Namun 1 titik sudah diresmikan sebelumnya, dan saat ini yang diresmikan secara serentak ada 17 titik yakni di setiap kantor Kelurahan.

"Apabila terjadi perkara ringan akan bisa diselesaikan di rumah RJ yang sudah diresmikan di setiap kelurahan di Kota Mojokerto. Harapannya Kota Mojokerto agar tetap kondusif,” kata Kajari.

Walikota Mojokerto Hj Ika Puspita yang akrab disapa Ning Ita menyampaikan, Kota Mojokerto hari ini mendapat kesempatan peresmian kampung RJ yang kedua, sebelumnya sudah diawali di Kelurahan Kranggan dan hari ini secara resmi 17 kelurahan turut diresmikan.

"Kota Mojokerto satu-satu Kota Se- Jawa Timur yang sudah terbentuk kampung RJ dengan capaian 100 persen,” ungkap Ning Ita.