Pemkab Lamongan Bersinergi Dengan Empat Perguruan Tinggi di Jawa Timur

Bupati Lamongan Yuhronur saat menggelar Mou dengan empat perguruan tinggi di Lamongan/ist
Bupati Lamongan Yuhronur saat menggelar Mou dengan empat perguruan tinggi di Lamongan/ist

Pemkab Lamongan percaya bahwa kunci keberhasilan untuk dapat mewujudkan Lamongan yang maju dan lebih baik kedepannya adalah melalui kolaborasi dan kerjasama dari semua pihak, atau yang sering dikenal dengan kolaborasi pentahelix. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Kamis (7/4) bertempat di Ruang Bina Praja Setda Kabupaten Lamongan, bersama 4 perguruan tinggi di Jawa Timur sepakat untuk menandatangani kesepakatan bersama.


Empat perguruan tinggi yang melakukan teken MoU dengan Pemkab Lamongan ini adalah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG), Universitas Muhammadiyah Surabaya, Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Kota Malang.

“Ini sebagai sesuatu yang luar biasa, karena dengan penandatanganan kesepakatan ini kita  semua berharap bahwa ini akan menjadi dorongan energi positif bagi Pemerintah Kabupaten Lamongan, khususnya untuk menuju kejayaan Lamongan yang berkeadilan. Pemerintah Kabupaten Lamongan tidak bisa sendirian dalam menangani semua persoalan ini, maka kita selalu melakukan kolaborasi bersama elemen-elemen yang ada, dengan mengimplementasikan kolaborasi pentahelix, dan menempatkan dalam suasana yang berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, sehingga seluruh elemen ini bisa bekerja secara bersama-sama,” terang Bupati Lamongan  Yohronur dikutip Kantor Berita RMOL jatim Kamis (7/4)

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Lamongan bersama UNTAG Surabaya menandatangani kesepakatan tentang pembangunan daerah dan implementasi tridharma perguruan tinggi di Kabupaten Lamongan, juga kesepakatan tentang penyelenggaraan kegiatan akademik pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Lamongan dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Selain itu bersama dengan Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Pemkab Lamongan menandatangani kesepakatan tentang pembangunan daerah dan implementasi tridharma perguruan tinggi di Kabupaten Lamongan, juga kesepakatan tentang penelitian pengembangan dan publikasi hasil-hasil kelitbangan bersama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Kota Malang.

“Banyak hal yang bisa kita sinergikan, baik itu pengabdian masyarakat, penelitian, maupun banyak hal lain dalam disiplin ilmu pendidikan. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Lamongan menitipkan anak-anak kami yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, agar kiranya dapat dibimbing dan diberikan fasilitas yang sebaik-baiknya,” pungkas Yohronur