Resmikan KWKP, Wali Kota Malang Tekankan Kuasai Perekonomian Kerakyatan

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Dalam upaya pemulihan perekonomian warga, Wali Kota Malang H. Sutiaji meresmikan Kawasan Wisata Kuliner Penanggungan (KWKP) yang terletak di Jalan Cianjur, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Minggu (10/04).


"Saat ini kita meresmikan KWKP. Terima kasih atas peran anak-anak muda dan giat prakarsa lurah yang terus menerus membangun sistem penguatan ekonomi yang berjalan dengan baik. Ayo pasti kita bisa kuasai ekonomi dengan penguatan perekonomian kerakyatan. Ketika ekonomi rakyat kita kuat, yakinlah kita akan makmur," ujar orang nomer satu di Kota Malang tersebut. 

Selain itu, H. Sutiaji juga mengatakan, ekonomi harus terus didorong oleh masyarakat sekitar, dengan membeli produk milik sendiri yaitu produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau dalam negeri, dari pada di luar negeri.

"Perekonomian disekitar sini harus didukung. Terutama warga lingkungan sekitar dan komunitasnya harus terjalin dengan baik. Dan mendahulukan membeli produk-produk lokal. Maka dari itu, kesadaran masyarakat harus terbangun," tutur pria khas berkacamata tersebut. 

Masih kata H. Sutiaji, bahwa pihaknya juga tengah menyusun e-katalog lokal Kota Malang untuk memfasilitasi UMKM.

"Selama ini pemenang kegiatan besar dimonopoli oleh perusahaan besar, bagaimana warga masyarakat berkontribusi dalam pembangunan, maka saya minta ada e-katalog lokal kota. Tolong UMKM harap bisa masuk dalam e-katalog lokal, sehingga jika kelurahan, kecamatan, bahkan Pemkot Malang membutuhkan bisa dimanfaatkan,” tandasnya

Dengan hadirnya e-katalog lokal itu, lanjut Sutiaji, maka anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) bisa dibelanjakan untuk membeli produk rakyat dan akan membawa situasi perekonomian yang semakin baik.

Sementara itu, Camat Klojen, Heri Sunarko, menyampaikan, KWKP merupakan salah satu upaya pemulihan ekonomi. KWKP nantinya tidak hanya digelar saat Ramadan saja, namun akan diselenggarakan rutin setiap akhir pekan.

"Akibat Pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 lalu, warga di Wilayah Klojen banyak yang kehilangan pekerjaan. Dengan adanya KWKP adalah salah satu inovasi kita dikembangkan di wilayah Kecamatan Klojen. Ini adalah salah satu komitmen kami untuk menerjemahkan komitmen pak wali, yakni peningkatan kesehatan, pertumbuhan ekonomi, dan penguatan infrastruktur,” pungkasnya.[adv]