Ramadhan Cup Japfa Gelar Catur Kilat Memperebutkan Total Hadiah 65 Juta

Zainudin Amali menyaksikan pertandinggan pembuka antara WFM Theodora Vs GM Cerdas Barus/Ist
Zainudin Amali menyaksikan pertandinggan pembuka antara WFM Theodora Vs GM Cerdas Barus/Ist

Blitz Chees Tournament Japfa Ramadhan Cup 2022 ini diikuti 213 peserta dari 16 Provinsi.


Hadir GM Ruslan Serbacov dengan anak didiknya yang melakukan Traning Camp di Bali yang sengaja didatangi ke Jakarata untuk melakukan pemanasan sekaligus uji kemampuan setelah melakukan TC. 

Menurut Menpora Zainudin Amali menyatakan melalui turnamen dan kompetisi akan lahir pecatur setangguh seperti GM Utut dan GM Cerdas Barus.

“Saya yakin Indonesia dimasa mendatang akan memiliki banyak pecatur muda yang hebat. Sebab PB Percasi sangat rajin menggelar turnamen atau kompetisibrutin setiap tahun nya. Sebab dr kompetisi maka akan lahir pecatur masa depan,” ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto menyampaikan bahwa JAPFA sudah puluhan tahun mendukung Percasi sehingga catur Indonesia lebih menggeliat.

Hal itu diungkapkan saat sambutan resmi pembukaan Turnamen Catur Kilat JAPFA Ramadhan Cup 2022 di Gedung Serba Guna GBk Senayan Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Turnamen catur berhadiah total Rp 56 juta ini diikuti 213 pecatur dari 16 Provinsi dan satu negara asing yakni Rusia.

Sementara itu Wakil Ketua Umum 1 KONI Pusat Suwarno meminta kepada Percasi agar tidak berkecil hati karena catur belum masuk program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Saya kira suatu saat catur bisa masuk program DBON karena prestasinya di tingkat internasional cukup membanggakan," kata mantan Pangdam Brawijaya dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu.