Libur Lebaran, 25 Puskesmas dan 19 Pospam di Banyuwangi Layani Vaksinasi

Petugas kesehatan di puskesmas saat melayani vaksinasi/Humas
Petugas kesehatan di puskesmas saat melayani vaksinasi/Humas

Selama libur lebaran 25 puskesmas dan 19 pos pengamanan akan membuka dan melayani vaksinasi. Layanan itu, untuk mempermudah bagi para pemudik.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat mengatakan, selain membuka layanan kesehatan, sejumlah 25 puskesmas juga akan melayani pemudik yang hendak vaksin, baik dosis 1 dan 2 maupun booster.

"Karena itu, masyarakat dan pemudik silakan memanfaatkan layanan ini," ujar Amir, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (28/4/2022). 

Puskesmas yang membuka layanan ini tersebar di 25 kecamatan di Banyuwangi. Apabila ada satu kecamatan yang memiliki dua Puskesmas atau lebih, maka hanya satu puskemas yang membuka layanan vaksin.  

"Misalnya di Banyuwangi Kota, Puskemas Sobo yang buka, sementara tenaga medis dari Puskemas lainnya membantu," jelasnya.

Selain di Puskemas, Satgas Covid-19 Banyuwangi juga memberikan layanan vaksinasi di gerai yang ada di pos pengamanan dan pos pelayanan mudik Lebaran. "Untuk vaksinasi di pos pengamanan dan pelayanan mudik lebaran, kami sinergis bersama Polri dan TNI. Selain vaksinasi, kami juga akan menyediakan testing Covid-19 dengan rapidtest antigen bagi yang membutuhkan," paparnya. 

Total terdapat 19 gerai layanan vaksinasi, di 8 Pos Pengamanan dan 11 Pos Pelayanan yang disiapkan di sepanjang jalur arus mudik lebaran tahun ini.

Pos Pam dan Pos Yan ini ada di 19 titik di antaranya, Pos Pam Wongsorejo, Pos Yan Pelabuhan ASDP Ketapang, Pos Pam Licin, Pos Pam Kalibaru, Pos Yan Stasiun Ketapang, Pos Pam Kota, Pos Pam Rogojampi.

Selain itu, Pos Pam Cluring, Pos Pam Gambiran, Pos Pam Genteng, Pos Yan GWD, Pos Yan Bandara, Pos Yan Glagah, Pos Yan Songgon, Pos Yan Sempu, Pos Yan Glenmore, Pos Yan Purwoharjo dan Pos Yan Pulau Merah.

Selain melakukan layanan vaksinasi, 25 puskesmas tersebut juga membuka layanan kesehatan seperti biasa. "Puskemas tetap buka seperti biasa. Demikian juga UGD di Puskemas juga tetap buka 24 jam," ujarnya.