Polres Jember Terjunkan Tim Kalong dan Sediakan Tempat Titipan Sepeda Motor Gratis

Apel Tim Kalong di Mapolres Jember/RMOLJatim
Apel Tim Kalong di Mapolres Jember/RMOLJatim

Kepolisian Resort (Polres) Jember menurunkan Tim Kalong untuk memberikan rasa aman bagi warga Jember selama mudik. Pasalnya, selama warga mudik kawasan perumahan menjadi sepi. Situasi seperti ini menimbulkan kerawanan baru, yakni pencurian dan kebakaran.


Diketahui, Tim Kalong baru dibentuk Polres Jember untuk melakukan pengamanan dan pengawasan perumahan warga yang ditinggal warga mudik untuk merayakan Idul Fitri 1443 H/2022 M di kampung halamannya. Tim ini berada di bawah kendali Kasatreskrim Polres Jember. Nantinya mereka bertugas melakukan patroli secara mobile di beberapa kawasan perumahan dan perkampungan yang ditinggal mudik pemiliknya.

"Selama musim mudik dan balik pada libur lebaran tahun ini, kami dari Polres Jember tetap berkomitmen dalam menjaga keamanan warga dengan membentuk tim Kalong," ucap Kasatreskrim AKP. Dika Hardiyan Wiratama dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (29/4).

"Kami akan berpratoli ditengah tengah masyarakat, terutama pemukiman atau rumah warga yang ditinggal mudik," sambungnya.

Dijelaskan Dika, tim ini diberi hewan Kalong, memiliki filosofi bekerja keras walaupun hingga malam hari. Sifat hewan Kalong atau kelelawar besar, memiliki indera penglihatan dan penciumannya sangat tajam, terutama di malam hari. Dengan keberadaan tim Kalong ini, diharapkan mampu mendeteksi tindak pidana yang terjadi di masyarakat selama libur bersama hari raya idul Fitri 1443 H.

Tentunya, pengamanan ini juga sangat diperlukan partisipasi masyarakat Jember. Terutama masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya. Sebelum  meninggalkan rumah dalam kurun waktu tertentu, diharapkan mau lapor ke Polisi, bisa melalui akun Instagram maupun Twitter, atau datang langsung ke Satreskrim Polres Jember.

"Ini untuk mempermudah timnya dalam melakukan penjagaan maupun patroli di sekitar rumah, yang ditinggal mudik," kata mantan Kasat Reskrim Polres Lamongan.

Dika juga menghimbau kepada para mudik, sebelum meninggalkan rumahnya, agar mengecek segala sesuatunya yang ada di rumahnya, matikan alat yang menggunakan aliran listrik, seperti alat elektronik, kompor, kran air. Selain itu jangan lupa menitipkan  ke tetangganya untuk turut mengawasi rumahnya selama ditinggal mudik.

Tidak hanya dibentuk Tim Kalong, Polres Jember juga menyediakan tempat penitipan kendaraan bermotor roda 2 gratis. Masyarakat yang akan mudik lebaran, langsung datang menitipkan sepeda motor di lapangan tembak Polres Jember, di jalan Letjen Penjaitan no 46 kecamatan Sumbersari.

"Dengan Syarat, menyerahkan foto copy STNK, SIM dan KTP," kata pria yang juga mantan Kasat Reserse Narkoba Polres Jember ini.

"Penitipan dibuka 29 April-9 Mei 2022. Diharap tanggal 9 Mei seluruh kendaraan harus sudah diambil," imbuhnya.

Apel Tim Kalong di Mapolres Jember/RMOLJatim