Temui Megawati Usai Menghadap Jokowi, Prabowo: Kita Sama-sama Cocok Tinggal di Bogor

Prabowo Subianto saat menemui Presiden Jokowi Istana Kepresidenan Yogyakarta/Repro
Prabowo Subianto saat menemui Presiden Jokowi Istana Kepresidenan Yogyakarta/Repro

Momentum hari raya Idulfitri 1443 Hijriyah dimanfaatkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk bersilaturahmi kepada sejumlah elite politik.


Menariknya, Prabowo ditemani putra semata wayangnya Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo alias Didit Hediprasetyo, untuk menemui Presiden Joko Widodo terlebih dahulu.

Setelah ke Yogyakarta, Prabowo yang tengah menjabat sebagai Menteri Pertahanan kemudian baru bersilaturahmi kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani yang kini menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Prabowo dan Didit sengaja terbang dari Jakarta ke Yogyakarta untuk menemui Jokowi yang tengah merayakan lebaran di sana bersama Ibu Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep.

"Saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di Hari Raya Idulfitri ini," ujar Jokowi dalam jumpa pers usai pertemuan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/5).

Diterangkan Jokowi, Prabowo datang bertamu untuk membincangkan sejumlah hal yang tidak begitu penting.

"Tadi kami banyak berbincang-bincang, tapi hal-hal yang ringan-ringan. Politik tidak, ekonomi juga tidak. Kita yang ringan-ringan semua dibicarakan," katanya dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Menurut Jokowi, yang terpenting di momen lebaran ini yakni semua pihak sudah saling bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan, serta menyantap masakan khas Idul Fitri yaitu opor ayam secara bersama-sama.

"Saya hari ini mendapat kehormatan besar diterima beliau, pada Hari Idulfitri. Memang sudah tradisi kami hari pertama silaturahmi kepada pemimpin kita, kepada presiden kita," ucap Prabowo menyambung keterangan Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Prabowo menyatakan kebersamaan dengan Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi serta Kaesang Pangarep dalam silaturahmi tersebut dihabiskan untuk berbincang saja.

Namun menariknya, tiba-tiba Prabowo nyeletuk soal kecocokan dengan Jokowi.

"Dan tadi Ibu Iriana kemudian Mas Kaesang menerima kami, saya dan Mas Didit. Kita berbincang bincang ringan. Dan kita sama-sama cocok tinggal di Bogor, dan saya kira intinya itu," ungkapnya.

"Selain itu saya juga makan bakso dan tempe bacem, dan opor. Terima kasih Bapak Presiden menerima kami. Kami optimis menghadapi tahun yang akan datang ini," demikian Prabowo.

Dalam momentum lebaran ini, Prabowo merupakan pejabat kedua yang ditemui Jokowi. Pejabat pertama yang dia temui yakni Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dalam pertemuan pertama itu, disampaikan Sri Sultan Hamengkubuwono X bahwa pembahasan dalam silaturahmi dengan Jokowi tersebut tak berbicara soal politik maupun ekonomi.

Akan tetapi, mereka hanya berbincang soal pengaturan orang masuk ke Yogyakarta di masa mudik tahun ini.