Yati Dasir Asal Tuban Dideportasi Malaysia Terlantar di Penampungan Sosial

Yati Dasir warga asal Tuban yang dideportasi dari Pemerintah Kerajaan  Malaysia/RMOLJatim
Yati Dasir warga asal Tuban yang dideportasi dari Pemerintah Kerajaan Malaysia/RMOLJatim

Yati Dasir (50) sudah puluhan tahun hidup dan bekerja di Malaysia. Yati yang kini dideportasi mengaku warga Desa Mrutuk Kecamatan Widang Kabupaten Tuban.


Yati adalah satu diantara 24 Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah asal Jawa Timur yang dipulangkan dari Malaysia.

Yati terpaksa harus menempati dari penampungan ke tempat penampungan sosial lain. Meski sekarang sudah berada di Kabupaten Tuban namun masih tinggal di Rumah Penghuni Sosial (RPS) Tuban karena sementara ini belum ditemukan pihak keluarga. 

Pemerintah Indonesia melalui Kemenlu, Kemenaker, BP2MI dan Kemensos bekerjasama untuk kelancaran program pemulangan PMI bermasalah. 

Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah karena  berkaitan dengan program Deportasi Pemerintah kerajaan Malaysia.

Ada sebanyak 24 Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah asal Jawa Timur dari Malaysia telah dipulangkan dan tiba di shelter UPT P2TKI Disnakertrans Jatim, Jl. Bendul Merisi No.2 Surabaya pada pekan ini.

"Dari jumlah 24 Deportasi tersebut ada salah satu seorang deportan dengan nama Yati Dasir, dia mengaku asal Desa Mrutuk Kecamatan Widang Kabupaten Tuban," ujar Roni Gunawan, Sub Kordinator Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Dinsos Jatim kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Minggu (8/5).

Rony Gunawan mengatakan, Yati Dasir dideportasi oleh pemerintah  kerajaan Malaysia karena overstay atau tidak memiliki dokumen kerja.

Setelah beberapa hari ditampung di Surabaya, Yati sekarang  sudah diserahkan ke Dinas Sosial P3A Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/5).

"Yati Dasir tidak memiliki  dokumen apapun. Tapi hal tersebut sudah dikordinasikan dengan berbagai pihak untuk ditelusuri keberadaan Yati Dasir yang hilang kontak dengan keluarga di Indonesia yang berada di Desa Mrutuk  Kecamatan Widang Kabupaten Tuban," terang Rony. [R[