CPNS Pemkot Digembleng Perencanaan, Wali Kota Eri Cahyadi Turun Langsung Jadi Mentor

Wali Kota Eri Cahyadi memberi pembelajaran kepada para CPNS Pemkot Surabaya/ist
Wali Kota Eri Cahyadi memberi pembelajaran kepada para CPNS Pemkot Surabaya/ist

Setelah menerima Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, sebanyak 67 orang CPNS mengikuti orientasi di sejumlah dinas, termasuk di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Surabaya. 


Di dinas tersebut, ada 22 CPNS yang mengikuti orientasi dan terus digembleng soal perencanaan sebuah kota.

Adapun mentor yang mengajari mereka adalah Kepala badan, sekretaris, hingga kepala bidang. Bahkan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga turun langsung menggembleng mereka soal perencanaan. 

Sebagai Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, tentunya dia sangat paham betul tentang perencanaan dan pembangunan sebuah kota, terutama Kota Surabaya.

Demi mengintensifkan pembelajaran tersebut, Wali Kota Eri membagi 22 CPNS itu ke dalam dua kelompok, dan baru kelompok pertama yang sudah bertemu dan mendapat pembelajaran langsung dari Wali Kota Eri, Sabtu (14/5). 

Sedangkan kelompok berikutnya, akan bertemu Wali Kota Eri minggu depan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri banyak menjelaskan tentang tahapan-tahapan perencanaan dan penganggaran. 

Bagi dia, ketika berbagai tahapan itu sudah berjalan sesuai rolenya, maka warga Kota Surabaya akan makmur.

“Jadi, tolong adik-adik CPNS ini diingat tahapan-tahapan penganggaran seperti ini. Terus belajar dan belajar, jangan pernah bosan untuk belajar demi menyempurnakan perencanaan Kota Surabaya,” tegas Wali Kota Eri dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Surabaya Febrina Kusumawati mengakui bahwa Wali Kota Eri yang meminta sendiri untuk bertemu langsung dengan para CPNS itu. 

Sebab, Wali Kota Eri sangat konsen dalam perencanaan Kota Surabaya. 

“Bahkan, bagi kita yang eksisting, beliau selalu mengajak ayo kalau merencanakan sesuatu betul-betul berbasis data dan ayo pakai hati,” katanya.

Selain itu, para CPNS ini merupakan elemen baru di Pemkot Surabaya atau fresh graduate dalam istilah mahasiswa. 

Makanya, Wali Kota Eri tertarik untuk memberikan ilmunya soal perencanaan supaya ilmu tersebut bisa langsung terpatri di hati mereka, sehingga mereka bisa menjadi pelayan masyarakat yang baik.

“Jadi, adik-adik CPNS ini menjalani orientasi di kami mulai habis lebaran. Dalam masa orientasi di kami itu, mereka kita ajari bagaimana menyusun RPJMD, tahapan-tahapan Renstra, menyusun RKPD, perencanaan setahun hingga lima tahun sampai pada APBD disahkan di DPRD,” tegasnya.

Menurut Febri, tujuan mengajarkan ini kepada para CPNS ini supaya mereka paham betul tentang ilmu perencanaan. 

Sebab, ilmu perencanaan itu tidak hanya dipakai di Bappeda Litbang saja, namun juga harus dipakai di semua dinas di lingkungan Pemkot Surabaya.

“Semua dinas harus paham ilmu perencanaan, karena ini adalah awal dari pembangunan sebuah kota atau daerah,” pungkasnya.