Dukung Optimalisasi Pendidik, Petrokimia Gresik Fokuskan Program TJSL Untuk Para Guru

Optimalisasi guru
Optimalisasi guru

Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) sebagai bentuk kepedulian Petrokimia Gresik kepada masyarakat, digelar dengan melakukan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis untuk ratusan guru tingkat sekolah sekitar perusahaan. 


Kegiatan yang dikemas dalam program “Petrokimia Gresik Bhakti Guru” ini dilaksanakan di Rumah Sakit Grha Husada, diikuti oleh ratusan guru dari sejumlah lembaga pendidikan.

Menurut Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo sebagaimana telah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa program TJSL BUMN harus difokuskan pada tiga sektor. Yakni, pendidikan, UMKM dan Lingkungan Hidup. 

"Oleh karena itu, Petrokimia Gresik sebagai perusahaan Solusi Agroindustri bagian dari BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero) juga turut andil memberikan kontribusinya untuk ketiga sektor tersebut," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (24/5).

Kondisi pandemi lanjut Soesilo, mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan secara online (daring), selama hampir dua tahun lamanya. Sehingga aktivitas para guru pun banyak dihabiskan di hadapan layar komputer, laptop maupun perangkat elektronik lainnya.

"Untuk itu, Petrokimia Gresik memberikan layanan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis agar kesehatan mata para guru tetap terjaga. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar di sekolah tetap berjalan optimal," katanya dihadapan para guru yang mengikuti kegiatan itu.

"Kegiatan ini diikuti oleh 130 guru dari sebelas sekolah, baik di tingkat Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di sekitar perusahaan. Dan mereka yang ikut tentunya mendapatkan pemeriksaan dari dokter spesialis mata, dari RS Grha Husada serta kacamata sesuai dengan hasil pemeriksaan," tegasnya.

"Agar langkah yang kita lakukan tepat, kami juga telah berkoordinasi dengan pihak sekolah dalam melakukan pendataan para guru. Sehingga, bantuan ini diterima oleh guru yang benar-benar membutuhkan," imbaunya.

Soesilo menambahkan, bahwa kegiatan yang merupakan rangkaian program Kampung Sehat ini, dilaksanakan dalam rangka menyambut golden anniversary Petrokimia Gresik yang jatuh pada tanggal 10 Juli mendatang.

"Kegiatan ini menjadi wujud bakti Petrokimia Gresik terhadap para guru, karena guru merupakan lentera ilmu bagi semua anak didiknya dan menjadi penentu masa depan bangsa," tandasnya.