Blusukan ke Ngawi, Jangan Lupa Nikmati Kopi Excesal Rasa Khas Nangka

Bupati Ngawi Ony Anwar memperkenalkan kopi excelsa
Bupati Ngawi Ony Anwar memperkenalkan kopi excelsa

Bagi para pelancong yang suka mencicipi kuliner di penjuru negeri, jika blusukan ke Ngawi jangan lupa menikmati secangkir kopi khas di daerah tersebut. 


Seperti yang dikatakan Ony Anwar, Bupati Ngawi, di daerahnya mempunyai varian atau jenis kopi yang sangat khas. 

"Ngawi ini sebagai daerah penghasil kopi excesal dengan rasa khasnya nangka. Perlu diketahui jenis kopi yang satu ini di dunia populasinya hanya tiga persen dan salah satunya tumbuh di Ngawi," terang Ony Anwar , dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at, (27/5).

Untuk mengenalkan biji kopi excelsa dengan rasa khas nangka level nasional dan internasional, ujar Ony, pihak pemerintah daerah secara inten melakukan promo termasuk melalui beberapa event dengan menggandeng patnershipnya. 

Kali ini, seperti Festival Kopi Tanah Air yang digelar DPC PDI Perjuangan Ngawi melibatkan puluhan pelaku UMKM.

"Selain mempromosikan melalui event kita juga memfasilitasi bagi para pelaku UMKM terutama kopi excelsa mulai dari kemasan dan alat-alatnya," ulasnya. 

Diakuinya, peralatan yang sudah ia luncurkan ke beberapa UMKM di titik penghasil kopi excelsa seperti Desa Ngrayudan masuk Kecamatan Jogorogo demikian juga Hargomulyo salah satu desa di Kecamatan Ngrambe. 

Alat yang dimaksudkan itu antara lain fermentasi, roasting hingga pembubukan. 

"Agar kopi ini dikenal dalam skala nasional kita inten menggelar kegiatan yang dilombakan adalah Barista Batle Competiton, Workshop Kopi, Film Pendek bertemakan Ngawi Ngangeni dan Latte Art Competiton," pungkas Ony Anwar Bupati Ngawi.