Kunker ke Pemkot Blitar, Pemkab Malang Dapat Inspirasi ASN Gunakan PIN Bung Karno

Bupati Malang HM Sanusi beserta rombongan diterima Wali Kota Blitar H Santoso/Ist
Bupati Malang HM Sanusi beserta rombongan diterima Wali Kota Blitar H Santoso/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melakukan kunjungan kerja atau kunker ke Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Kunker dipimpin langsung oleh Bupati Malang HM Sanusi didampingi Wakil Bupati Malang H Didik Gatot Subroto.


Ikut juga Ketua TP PKK, Ketua Pokja Bunda PAUD Malang Kabupaten Malang, Sekda, da Ketua Darma Wanita, jajaran OPD, serta beberapa tokoh agama di Kabupaten Malang. 

Kedatangan Bupati Malang beserta rombongan tersebut disambut langsung oleh Walikota Blitar H Santoso, dan Wakil Walikota Blitar H Tjutjuk Sunariyo, serta Sekda Kota Blitar, Selasa (7/6). 

Bupati Malang HM Sanusi mengatakan kunker bertujuan untuk menjalin komunikasi dan mengetahui, serta mempelajari berbagai program, inovasi, maupun best practice yang dikembangkan oleh Pemkot Blitar. 

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Malang menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kesediaan Pemerintah Kota Blitar dapat menerima kunjungan kami. Mudah-mudahan kunjungan ini dapat memberikan manfaat, dan dapat menjadi sarana untuk mempererat jalinan silaturahmi, serta persahabatan diantara kita semua," ujar HM Sanusi.

Sementara itu, Wakil Bupati H Didik Gatot Subroto mengatakan bahwa Pemkab Malang mendapat inspirasi seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) menggunakan pin Bung Karno. 

"Pemkot Blitar memberikan inspirasi bagi Pemerintah Kabupaten Malang untuk mewajibkan kepada seluruh jajaran ASN menggunakan pin Bung Karno, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa beliau semasa hidupnya untuk kepentingan republik ini," ujar Didik Gatot Subroto.

"Ini sesuatu yang baik. Jika pin Bung Karno digunakan setidaknya nama Bung Karno ini akan teringat dan dikenang di dalam hati dan jiwa seluruh ASN yang ada di Pemerintah Kabupaten Malang. Seperti halnya yang dilakukan di Kota Blitar ini," lanjutnya.

Didik Gatot Subroto menambahkan Pemkab Malang telah mempersiapkan beberapa kegiatan, seperti pada 1 Juni melakukan upacara Hari Lahir Pancasila. 

"Tanggal 6 kemarin, kita juga adakan tahlil mengundang tokoh-tokoh organisasi keagamaan di Kabupaten Malang. Hari ini mereka juga turut kita undang serta para tokoh mulai dari Ketua PCNU kemudian MUI, LDII, dan seluruh ketua-ketua organisasi keagamaan untuk hadir untuk ikut serta memeriahkan Bulan Bung Karno," paparnya. 

Mengenai memeriahkan Bulan Bung Karno, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi turut berkomentar. Dia menyambut baik inisiasi dari Bupati Malang tersebut. 

"Bupati Malang telah mengagendakan setidaknya 3 rangkaian acara dalam rangka memeriahkan Bulan Bung Karno. Diantaranya, ada sarasehan, ada seminar, dan bazar. Inisiasi ini tentu kami sambut dengan baik. Kami mendukung suksesnya keberlangsungan Bulan Bung Karno di Kabupaten Malang," pungkasnya.

Ketika berada di Kota Blitar, Bupati Malang beserta rombongan juga melaksanakan ziarah ke makam Bung Karno, Presiden Pertama sekaligus Bapak Proklamator Indonesia.