Bupati Mojokerto Ikfina Tawarkan Kerjasama Kawasan Industri Kepada Australia

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menerima kunjungan Konsulat Jenderal Australia di peringgitan pendopo Graha Maja Tama Kabupaten Mojokerto/ist
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menerima kunjungan Konsulat Jenderal Australia di peringgitan pendopo Graha Maja Tama Kabupaten Mojokerto/ist

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Ms Fiona Hoggart di Griya Wira Praja atau Peringgitan Kabupaten Mojokerto, Rabu (8/6).


Kepada rombongan Konjen Ms Fiona Hoggart, Bupati Ikfina mengawali pembicaraan dengan mengenalkan sejarah Kabupaten Mojokerto dan kawasan wisata alam maupun wisata religi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ikfina menawarkan kawasan industri di Ngoro maupun daerah sekitarnya untuk investasi bagi Australia.

Berdasar data, investasi Australia di Kabupaten Mojokerto masih minim. Sementara banyak Negara kawasan Asia yang telah melakukan investasi di Kabupaten Mojokerto diantaranya dari Jepang, Korea, dan Taiwan.

Kedatangan Konjen Australia tersebut bertujuan untuk mempererat kerjasama yang selama ini sudah terjalin. Selama ini banyak produk dari Kabupaten Mojokerto yang diekspor ke Australia.

Dalam perbincangan tadi pemerintah Australia memberikan kesempatan di bidang pendidikan di Australia bagi warga Kabupaten Mojokerto.

“Pemeritah Australia saat ini juga lagi konsen untuk pengembangan pertanian, sehingga sangat pas dengan kultur pertanian di wilayah Kabupaten Mojokerto yang masih banyak lahan pertaniannnya,” kata Bupati Ikfina dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

“Konsulat jenderal Australia sangat menyambut baik adanya peluang kerjasama yang ditawarkan pemerintah Kabupaten Australia kepada pemerintah Australia,” lanjutnya.

Bupati Ikfina dalam paparannya menunjukan video wisata sejarah peninggalan Majapahit. Bupati perempuan pertama itu juga memaparkan tentang Candi Bajang Ratu. Candi ini merupakan simbol dari Raja Bujang yang gugur sebelum menikah.

”Potensi kawasan industri sebagai salah satu pendulang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar diantaranya di wilayah utara kawasan Jetis, wilayah timur kawasan Ngoro Industri,“ paparnya.