IKN Nusantara Bisa Ditunda, Rizal Ramli: Jika Pemerintah Simpati Kesulitan Rakyat

Rizal Ramli/Net
Rizal Ramli/Net

Mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur, Rizal Ramli bersepakat atas pendapat pengamat konomi Bhima Yudhistira yang meminta proyek pembangunan Ibukota Negara (IKN) Nusantara ditunda.


Menurut Rizal Ramli, usulan Bhima itu hanya bisa dilakukan dengan pemikiran rasional yang tidak nampak ditunjukkan pemerintah.

"Itu kalau pemerintahnya rasional, punya simpati terhadap kesulitan rakyat, menghadapi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok," ujar Rizal Ramli dalam cuitan akun Twitter pribadinya, Minggu (12/6) dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Rizal menegaskan proyek IKN semestinya ditunda agar pemerintah bisa memfokuskan anggaran untuk belanja rutin, termasuk untuk menyambut Pemilu Serentak 2024.

Menurut Rizal, realitas saat ini pemerintah memang sibuk fokus pada proyek-proyek infrastruktur yang sebagian dananya juga didapatkan dari utang.

"Lha, kalau wong boss ne sibuk mproyek, ndak peduli gimana mbyare, sibuk jadi president event organizer, tiap hari harus ada kegiatan-kegiatan pencitraan, piye Mas?" tandasnya.