Layani Warga di Daerah Terpelosok di Banyuwangi, 98 Persen Adminduk Rampung Lewat Program Camping Embun

Kepala Dinas Dukcapil Banyuwangi, Juang Pribadi menyerahkan dokumen adminduk/Humas
Kepala Dinas Dukcapil Banyuwangi, Juang Pribadi menyerahkan dokumen adminduk/Humas

Melalui program Camping Embun, 98 persen administrasi kependudukan (Adminduk) warga yang berada di kampung paling pelosok dapat terlayani melalui layanan jemput bola Pemkab Banyuwangi.


Camping Pelayanan Masyarakat Kebun (Camping Embun) kali ini menyasar masyarakat Kampung Sukamade, Desa Sarongan, yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

 Secara geografis, akses menuju kampung tersebut sangat jauh dari pusat Kota Banyuwangi atau hingga 5 hingga 6 jam perjalanan. Termasuk keterbatasan sarana telekomunikasi, sebab berada di kawasan taman nasional.

 Sebelumnya layanan ini digelar di Perkebunan Kapuk Wongsorejo, Perkebunan Kopi Malangsari, dan Perkebunan Kendenglembu Glenmore.

 "Di sana sebagian warga belum update data kependudukannya. Nah, kami lakukan jemput bola agar beliau-beliau bisa memperbaruinya, sehingga akan memudahkan dalam mengakses program pemerintah," ungkap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (16/6).

 Aksesibilitas untuk keluar kampung di sana terbilang cukup sulit, hanya berupa jalan makadam dan harus ditempuh dengan kendaraan tertentu. Bahkan harus menyeberangi sungai.

 Dimana di kampung tersebut terdapat 289 KK. Dengan inovasi layanan ini warga yang berada di kawasan pelosok tersebut dapat terlayani.

 "Ini bukan perkara jumlah penduduk yang sedikit atau bagaimana. Namun, kami ingin memastikan semua hak dasar warga terlayani meski hanya dihuni ratusan KK. Ya di antaranya adminduk," tegas Ipuk.

 Kegiatan Camping Embun di Sukamade sendiri digelar selama tiga hari. Terhitung mulai Senin pagi (13/6) sampai Rabu siang (15/6), tim Camping Embun melakukan layanan hingga bermalam di sana.

 "Pada hari Senin dan Selasa, kami memberikan layanan hingga malam hari. Sedangkan di hari terakhir, kami selesaikan sampai tengah hari," terang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi, Juang Pribadi.

 

Pelayanan selama tiga hari tersebut, imbuh Juang, berhasil mencapai 98 persen seluruh kebutuhan adminduk di Kampung Sukamade. "Hanya tersisa beberapa kepala keluarga saja. Itupun karena berkaitan dengan daerah asal yang di luar kabupaten. Tapi, kami tetap mendampingi agar seluruhnya bisa tuntas," tegas Juang.

 

Juang merinci pada kegiatan Camping Embun ini ada 749 dokumen yang telah diterbitkan. Di antaranya 201 Kartu Keluarga, 145 Akte Kelahiran, 15 Akte Kematian, 235 KTP-el, dan 153 KIA. "Ada sekitar 231 Kepala Keluarga yang terlayani," pungkasnya.