Indonesia dan Negara-negara ASEAN Ingin Tetap Netral dalam Persaingan AS-China

Peneliti senior di Center for Southeast Asian Studies (CSEAS) Jakarta, Veeramalla Anjaiah/Ist
Peneliti senior di Center for Southeast Asian Studies (CSEAS) Jakarta, Veeramalla Anjaiah/Ist

Sesuai dugaan, para menteri pertahanan AS dan China bentrok di forum ini. Untuk pertama kalinya presiden lain dari suatu negara diundang untuk berbicara secara virtual di SLD selain sebagai tamu utama.

Perdana Menteri Jepang menyampaikan pidato utamanya pada tanggal 10 Juni, sementara Presiden Ukraina, Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy berbicara di forum secara virtual dari lokasi yang tidak diketahui pada 11 Juni.

Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto memberikan pidato yang sangat mengesankan di SLD tahun ini. Wilayah Asia, kata Prabowo, “selama berabad-abad telah menjadi persimpangan imperialisme, dominasi dan eksploitasi kekuatan besar”.

“Kami memahami persaingan antara kekuatan dunia yang mapan dan kekuatan dunia yang meningkat,” katanya merujuk pada AS dan China.

“Kami adalah yang paling terpengaruh oleh persaingan kekuatan besar.”

Terlepas dari perpecahan dan perbedaan di antara negara-negara anggota, “kami telah menggunakan cara ASEAN kami sendiri untuk menyelesaikan tantangan ini,” ujar Prabowo.

Menurut Prabowo, Indonesia telah mengadopsi netralitas. “Indonesia memilih untuk tidak terlibat dalam aliansi militer apa pun,” katanya.

Negara-negara Asia Tenggara terjebak di antara persaingan dua kekuatan besar. AS dan China telah memanfaatkan SLD yang bergengsi tahun ini di Singapura untuk merayu negara-negara ASEAN dan saling bertikai serta mempromosikan pandangan masing-masing tentang perselisihan 'aturan hukum' dan 'hak kekuasaan'.

Forum yang diselenggarakan oleh International Institute for Strategic Studies (IISS)  yang berbasis di London pada tanggal 10-12 Juni di Hotel Shangri-La itu dihadiri oleh lebih dari 500 menteri, jenderal militer, pejabat pemerintah, cendekiawan dan jurnalis dari 42 negara.

Sebagian besar diskusi meliputi dua topik dominan – perang yang sedang berlangsung di Ukraina dan persaingan strategis yang berkembang antara AS dan China. Kedua kekuatan berusaha untuk mendominasi dunia melalui perdagangan, investasi, pinjaman dan senjata.

Diplomasi Realisme

Dalam pidato utamanya di SLD, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memperingatkan tentang bahaya perang dengan mengatakan bahwa "Ukraina hari ini mungkin menjadi Asia Timur besok". Ia berjanji untuk memperluas peran diplomatik dan keamanan Jepang di Asia saat ia menguraikan visinya untuk kawasan Indo-Pasifik yang terbuka, bebas dan damai.

Kishida mengatakan bahwa Jepang berkomitmen untuk "diplomasi realisme untuk era baru", di mana ia akan "lebih proaktif dari sebelumnya dalam mengatasi tantangan dan krisis yang dihadapi Jepang, Asia dan dunia".

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Jepang sedang menghadapi dampak invasi Rusia, meningkatnya ketegasan maritim China dan pengembangan rudal serta senjata nuklir baru Korea Utara. Selain itu, Kishida berjanji untuk memperkuat tatanan internasional berbasis aturan.

“Saya akan berusaha untuk membangun tatanan internasional yang stabil melalui dialog, bukan konfrontasi. Namun, pada saat yang sama, kita harus siap menghadapi munculnya entri yang menginjak-injak perdamaian dan keamanan negara lain dengan kekerasan atau ancaman tanpa menghormati aturan,” ungkap Kishida.

Ia juga menekankan bahwa Jepang berkomitmen untuk menjaga hubungan baik dengan China.

Tatanan Berbasis Aturan

Tatanan berbasis aturan di Asia dan dunia menjadi topik utama SLD ke-19. Namun, siapa sebenarnya yang melanggar hukum?

Semua orang tahu bahwa China tidak menghormati aturan maritim internasional di Laut China Selatan (LCS) dan Laut China Timur. China menandatangani dan meratifikasi Konvensi PBB 1982 tentang Hukum Laut (UNCLOS).

Namun, ia menolak untuk mengikuti UNCLOS dan mengklaim lebih dari 90 persen LCS berdasarkan peta Sembilan Garis Putus-putusnya yang kontroversial.

Prabowo telah menyebutkan bahwa Indonesia mendukung tatanan berbasis aturan dalam pidatonya.

Strategi Indo-Pasifik

Pada tanggal 11 Februari tahun ini, Gedung Putih meluncurkan strategi barunya untuk “kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka”, yang menjanjikan dukungan untuk konektivitas regional, perdagangan dan investasi, serta memperdalam kemitraan bilateral dan multilateral.

Dalam pidatonya pada Sabtu pagi (11 Juni 2022), Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengecam tindakan koersif dan agresif China di Laut China Timur dan Selatan, yang menurutnya telah menimbulkan ancaman bagi stabilitas regional. Ia bersumpah bahwa AS akan mendukung mitranya untuk melawan tekanan China.

“Negara-negara Indo-Pasifik seharusnya tidak menghadapi intimidasi politik, paksaan ekonomi atau pelecehan oleh milisi maritim,” jelas Austin. “Langkah RRC mengancam untuk merusak keamanan, stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik.”

Ia menyebut China sebagai RRC (Republik Rakyat China, yang merupakan nama resmi China).

Austin menyatakan bahwa AS menginginkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum yang menghormati kedaulatan negara lain.

“Kami menginginkan kawasan yang bebas dari agresi dan intimidasi, dunia yang menghormati integritas teritorial dan kemerdekaan politik, yang memperluas hak asasi manusia dan martabat manusia serta dunia di mana semua negara – besar dan kecil – bebas untuk berkembang dan mengejar kepentingan mereka secara sah, bebas dari paksaan dan intimidasi,” jelasnya.

Menurut Austin, Indo-Pasifik adalah teater operasi prioritas AS dan merupakan jantung dari strategi besar Amerika. “Kami membawa kerjasama pertahanan kami dengan Singapura, Indonesia dan Vietnam ke tingkat berikutnya.”

Ia menambahkan bahwa menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan bukan hanya kepentingan AS. Ini adalah masalah yang menjadi perhatian internasional. AS menghormati sentralitas ASEAN dan kedaulatan negara-negara ASEAN. Austin dengan jelas menggarisbawahi bahwa AS tidak mencari konflik di Asia.

“Jadi, biar saya perjelas. Kami tidak mencari konfrontasi atau konflik, dan kami tidak ingin Perang Dingin baru, NATO Asia, atau wilayah yang terpecah menjadi blok-blok musuh. Kami akan mempertahankan kepentingan kami tanpa gentar, tetapi kami juga akan bekerja menuju visi kami untuk kawasan ini – salah satu perluasan keamanan dan peningkatan kerja sama, bukan salah satu perpecahan yang berkembang,” kata Austin.

“Persahabatan di Indo-Pasifik telah berlangsung selama beberapa dekade. Kami mencari inklusi, bukan perpecahan. Kami mencari kerja sama, bukan perselisihan.”

Kebohongan China

Anehnya, Menteri Pertahanan China Wei Fenghe, seperti Austin, berbicara tentang perdamaian internasional, supremasi hukum, sentralitas ASEAN, dan kedaulatan negara. Ia mengungkapkan strategi China untuk melawan strategi Indo-Pasifik AS di SLD.

Dalam pidatonya pada hari Minggu (12 Juni 2022), Wei berusaha untuk memproyeksikan citra China sebagai kekuatan yang bangkit secara damai. Ironisnya, 'perdamaian' adalah kata yang paling banyak disebutkan dalam pidato Wei saat dia memuji 'perkembangan damai' China dan mengklaim bahwa China tidak pernah menginvasi negara mana pun sejak pendiriannya.

Ini pasti kebohongan terbesar yang pernah dikatakan oleh seorang pejabat senior China di forum internasional. China menginvasi India pada tahun 1962 dan Vietnam di tahun 1979. China menganeksasi Republik Turkistan Timur pada tahun 1949 dan Tibet di tahun 1951.

China juga merupakan negara pertama yang menggunakan kekuatan dalam melawan Vietnam Selatan untuk menduduki Kepulauan Paracel di LCS pada tahun 1974. Di tahun 1988, China merebut Johnson South Reef di Laut China Selatan dengan paksa dari Vietnam.

Terlebih lagi, China sudah berkali-kali masuk ke zona ekonomi eksklusif Vietnam, Filipina, Malaysia dan Indonesia, secara ilegal membangun pulau buatan di LCS dan mengubahnya menjadi fasilitas militer.

Wei mengatakan bahwa China tidak akan ragu untuk membalas jika diprovokasi oleh orang lain.

“Hubungan China-AS berada pada titik kritis dan krusial,” papar Wei.

“Merupakan suatu kesalahan yang bersejarah dan strategis untuk menganggap China sebagai ancaman atau musuh. Kami menyerukan pihak AS untuk berhenti mencoreng dan membendung China, mencampuri urusan dalam negeri China dan merugikan kepentingan China. Hubungan bilateral kami tidak dapat membaik sampai pihak AS dapat melakukannya.”

Wei juga mengeluarkan peringatan keras tentang 'penyatuan kembali' Taiwan dengan China di SLD. “Jika ada yang berani memisahkan Taiwan dari China – biar saya perjelas – kami tidak akan ragu untuk melawan,” katanya.

"Kami akan berjuang dengan segala cara, dan kami akan berjuang sampai akhir."

Ia mengklaim bahwa China ingin menghormati aturan internasional dan kedaulatan negara lain serta bekerja sama dengan semua penuntut LCS. Ini, tentu saja, adalah kebohongan lain.

China adalah pelanggar terbesar aturan internasional dan telah melanggar batas kedaulatan beberapa negara Asia Tenggara. Wei juga mengakui bahwa tujuan persenjataan nuklir China adalah untuk mencegah perang nuklir.

Singkatnya, banyak dari kata-kata Wei yang tidak sesuai dengan kenyataan. China adalah pembuat onar di Asia dan menimbulkan bahaya besar bagi dunia.

Menanggapi tindakan sepihak dan koersif China di LCS dan Laut China Timur, AS menciptakan Quad dengan Jepang, India dan Australia pada tahun 2017. Ini bukan aliansi militer. Namun, AUKUS merupakan aliansi militer dan melibatkan Australia, Inggris Raya dan AS.

Perkembangan ini tentu mengkhawatirkan bagi China, yang mengecam strategi Indo-Pasifik sebagai upaya membangun 'kelompok eksklusif' atau 'lingkaran kecil' untuk membendung China. Namun, Beijing mengikuti paradoks yang sama dalam upaya untuk mengumpulkan kekuasaan atas nama menjaga perdamaian.

Sementara itu, negara-negara ASEAN telah mengadopsi kebijakan netralitas dan menyatakan kesediaan mereka untuk bekerja sama dengan AS dan China. Hal ini jelas terungkap dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, yang diadopsi oleh semua negara ASEAN pada tahun 2019.

Semua negara penuntut dari ASEAN ingin menyelesaikan perselisihan mereka dengan China melalui negosiasi damai berdasarkan UNCLOS 1982 dan aturan internasional lainnya.

“Dalam hal sengketa kedaulatan di Laut Timur, kami [Vietnam] berpegang pada prinsip penyelesaian sengketa dan ketidaksepakatan dengan cara damai atas dasar menghormati kemerdekaan, kedaulatan dan kepentingan sah negara-negara, mematuhi hukum internasional, termasuk 1982 Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS), berjanji untuk secara ketat menerapkan Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak (DOC) di Laut Timur dan berusaha untuk membangun Kode Etik (COC) yang substantif, efektif dan efisien di Laut Timur sejalan dengan hukum internasional," kata Menteri Pertahanan Vietnam Pan Van Giang di SLD.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengemukakan keprihatinan yang sah atas sumber daya yang bersaing untuk 'senjata versus tenggala’ dan 'peluru versus mentega'.

Negosiasi damai harus diprioritaskan untuk menyelesaikan perselisihan. Secara keseluruhan, SLD berguna dalam membawa saingan ke satu forum untuk berbicara.

*Penulis adalah seorang peneliti senior di Center for Southeast Asian Studies (CSEAS) Jakarta dan seorang jurnalis senior yang berdomisili di Jakarta. Dia juga penulis buku “Azerbaijan Seen from Indonesia”.