Kiai Berpengaruh Pasuruan Dukung Gus Muhaimin Presiden 2024

Muhaimin Iskandar saat bersama KH Mujib Imron saat di Ponpes Al-Yasini Kabupaten Pasuruan/RMOLJatim
Muhaimin Iskandar saat bersama KH Mujib Imron saat di Ponpes Al-Yasini Kabupaten Pasuruan/RMOLJatim

Panglima Santri, Muhaimin Iskandar mendapatkan dukungan penuh dari para pengasuh pondok pesantren di Jawa Timur untuk maju sebagai Calon Presiden 2024.


Dukungan itu diutarakan oleh para pengasuh pondok pesantren saat di Pondok Pesantren Al-Yasini, Kraton Kabupaten Pasuruan, Minggu (19/6).

Para kiai itu menilai Gus Muhaimin sangat layak untuk memimpin negeri ini. Tokoh NU Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron menyatakan ikut bersyukur ada santri seperti Gus Muhaimin bisa maju dalam pemilihan Presiden.

"Kita sebagai warga Nadhlatul Ulama, bersyukur atas majunya Gus Muhaimin sebagai Calon Presiden 2024," tegasnya.

Menurutnya, majunya sosok Gus Muhaimin sebagai presiden bisa menjadi inspirasi sekaligus cerminan para santri di masa mendatang.

 "Santri Derek (ikut) kiai. Ini bisa menjadikan santri tak perlu minder, tapi bisa semakin lebih jaya," tegasnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Gus Mujib panggilan akrabnya mengatakan, kalau para kyai dan santri sudah bersatu untuk memenangkan Panglima Santri pada Pilpres 2024.

"Kita dan para kiai juga pengasuh Pondok Pesantren begitu juga para santri siap untuk mengantarkan panglima Santri sebagai Presiden Republik Indonesia 2024," ungkap dia.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri KH Abdullah Kafabihi Mansur mengungkapkan, majunya Muhaimin Iskandar sebagai Calon Presiden 2024, agar mendapat kemenangan.

"Mudah-mudahan oleh Allah SWT, kita diberi kemenangan dan PKB kedepan menang," paparnya.

Dia berharap, agar para santri di seluruh Indonesia untuk bersatu demi mewujudkan panglima Santri menjadi presiden 2024.

"Gus Muhaimin akan maju menjadi capres ini atas permintaan gus-gus, bukan beliau yang meminta, ini sesuai dengan ajaran syariat,” ujar Kiai Abdullah.

Menurut Rais Syuriah PBNU tersebut, saat ini dari nama-nama kandidat capres yang sudah bermunculan, tetapi hanya Gus Muhaimin yang memang benar-benar dari latar belakang NU tulen. 

“Capres yang paling NU ya Gus Muhaimin. Dari segi nasab dan lain-lain,” ungkapnya.

Kiai Abdullah mengatakan bahwa jumlah jamaah NU dan santri ini luar biasa banyak, mencapai ratusan juta. Menurut dia, jika semua bisa bersatu, kompak maka dipastikan akan merebut kemenangan.

Sehingga, dengan majunya Gus Muhaimin Iskandar ini, agar para santri untuk saling merapatkan barisannya serta memberi tahu pada santri-santri lainnya.

Sementara itu, Gus Muhaimin menyatakan berterima kasih atas dukungan, doa, dan restu yang diberikan.

 "Insya Allah pada 2024 kekuatan keluarga NU akan terlihat nyata, kekompakan, dan kesolidannya," katanya. 

Selain itu masih kata Muhaimin, saat ini dukungan yang kantongi Muhaimin sudah mencapai 20 persen.

"Perlu saya laporkan Pak Kiai, kalau tadi malam sudah ada yang memberi dukungan pada PKB," paparnya.

Dukungan itu, kata Gus Muhaimin datang pada Sabtu 18 Juni 2022 malam dan diterima langsung oleh Muhaimin.

"Sehingga, PKB sudah mendapatkan 20 persen dukungan dan itu sudah pas untuk mendapat dukungan sebagai Capres 2024," paparnya.

Namun sebelumnya masih kata Muhaimin, hanya mendapat dukungan 10 persen saja.

"Dua Minggu yang lalu kita masih mendapat dukungan 10 persen. Alhamdulillah, tadi malam pukul 21.00 sudah lengkap 20 persen," pungkasnya.