Ribuan Perempuan NU Pasuruan Dukung Muhaimin Presiden 2024

Muhaimin Iskandar ketika mendapat menerima dukungan dari Perempuan NU Pasuruan/RMOLJatim
Muhaimin Iskandar ketika mendapat menerima dukungan dari Perempuan NU Pasuruan/RMOLJatim

Ribuan perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Pasuruan secara tegas mendeklarasikan dukungan untuk Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. 


Deklarasi digelar di Pondok Pesantren Al-Ishlahiyyah, Tumpuk, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Minggu (19/6).

Acara diawali dengan istighosah yang dipimpin langsung Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlahiyyah, Ucik Nurul Hidayati atau Bu Nyai Ucik. 

Selanjutnya dilaksanakan deklarasi dukungan terhadap Gus Muhaimin Presiden 2024. 

Deklarasi ini dibacakan langsung Nyai Mujib Imron, atau istri Wakil Bupati Pasuruan Gus Mujib.

Ada tiga poin dalam deklarasi yang dibacakan, di antaranya meyakini Gus Muhaimin Iskandar adalah satu- satunya kader Nahdlatul Ulama

Selain itu, Gus Muhaimin adalah cicit pendiri NU KH Bisri Syansuri yang dinilai layak maju dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Ketiga, meyakini dan menyaksikan kontribus Gus Muhaimin dalam memperjuangkan, memiliki kepedulian, serta konsisten mengadvokasi isu-isu perempuan.

"Karenanya, dengan tekad bulat dan penuh kesungguhan, kami menyatakan mendukung dan akan memenangkan Gus Muhaimin sebagai Presiden 2024," kata Nyai Ucik dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Nyai Ucik menambahkan, dirinya dan Gus Muhaimin adalah sama. Maka, dalam menentukan sesuatu harus ada alasannya.

"Minimal tahu bibit, bobot dan bebetnya. Gus Muhaimin jelas mumpuni, keturunannya juga jelas. Tinggal, kita ikhtiar bersama, allah yang akan menentukan," paparnya. 

Dia menyampaikan, setelah deklarasi ini, bersama dengan segala kekuatan komunitasnya akan terus mengkampanyekan tentang Gus Muhaimin. 

"Gus Muhaimin sudah masuk kriteria pemimpin Indonesia. Kami akan sampaikan ke semua orang. Kami akan ikhtiar sekuat-kuatnya," ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PKB yang juga hadir dalam deklarasi itu mengatakan, kalau peran perempuan NU sangat dibutuhkan.

"Karena perempuan NU ini selalu bersatu untuk mendukung. Kalau sudah bersatu, insyallah kemenangan akan di dapat," pungkasnya.

Dalam deklarasi itu, dihadiri juga oleh Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza, Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan serta para kiai dan tokoh NU Pasuruan.