25 Grup Al Banjari Ramaikan Festival Sholawat Badar Banyuwangi

Festival Sholawat Badar yang dimeriahkan dengan penampilan Al Banjari dari 25 kecamatan di Banyuwangi/ist
Festival Sholawat Badar yang dimeriahkan dengan penampilan Al Banjari dari 25 kecamatan di Banyuwangi/ist

Sebanyak 25 grup Al Banjari meramaikan Festival Sholawat Badar. Mereka adalah perwakilan yang direkomendasi oleh pengurus kecamatan setelah diseleksi secara ketat selama 7 hari.


"Acara ini diadakan untuk memperingati haul ketiga kalinya Yayasan Sholawat Badar," kata Ketua Yayasan Sholawat Badar, Muhammad Khudori kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (29/6).

Acara yang digelar pada Minggu 26 Juni 2022 di halaman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi itu berlangsung meriah serta hikmat,

Meski sempat mendapat kritikan lantaran adanya pembatasan peserta. Acara yang memperebutkan trofi dan uang pembinaan tersebut tetap meriah, dengan menghadirkan juri yang berlisensi.

Selain menampilkan 25 grup Al Banjari, dalam gelaran festival itu juga mengadakan bedah buku yang bertajuk 'Sholawat Badar dari Banyuwangi untuk Dunia'.

Acara bedah buku itu dibuka oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani. Adapun sebagai keynote speaker yakni KH Ahmad Sidiq atau Gus Siddiq dzuriyah pencipta shalawat badar, Rois Syuriah PCNU KH Zainullah Marwan.

Sebagai pembicara, ada ulama Banyuwangi KH Ali Hasan Kafrawi, Dr Ahmad Taufiq sebagai sastrawan dan dosen Unej, KH Ainul Yaqin dari Gusdurian Banyuwangi, Emy Hidayati perwakilan aktivis perempuan, serta Bahrurrohim atau Ayung selaku Ketua Tim Penulis Buku tersebut.

"Acara bedah buku tersebut berlangsung hikmat di ikuti oleh undangan serta pengurus tingkat kecamatan. Acara ini bertujuan untuk nguri-uri dan ngalap barokah sholawat badar," ujar Ir H Naufal Badri, salah satu pembina Yayasan Sholawat Badar.

Menurutnya, di Banyuwangi ini bukan hanya diciptakan lagu-lagu yang dapat menasional. "Tapi di Banyuwangi juga tempat riyadlohnya almarhum KH Ali Mansur dalam menciptakan gubahan syair sholawat badar ungkap," pungkas Naufal.