Puan dan Ganjar Hadiri Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Pemakaman Mantan Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo tanpa kehadiran Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri/RMOL
Pemakaman Mantan Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo tanpa kehadiran Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri/RMOL

Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir pada upacara pemakaman jenazah Menpan RB, Tjahjo Kumolo, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat sore (1/7).


Tampak juga Anggota Komisi I DPR RI Effendy Simbolon, dan Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Sitorus.

Sementara, dari jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat tinggi negara hadir diantaranya Mensesneg Pratikno, Mensos Tri Rismaharini, Menhub Budi Karya Sumadi, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, dan Mantan Kepala BIN Hendropriyono.

Sementara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak terlihat sejak petugas upacara pemakaman memasuki area TMP Kalibata hingga di Blok Z, tempat almarhum dikebumikan ke liang lahat.

Sebelumnya, Puan Maharani angkat bicara mengenai absennya Megawati Soekarnoputri yang tak nampak sejak takziah ke rumah duka Tjahjo Kumolo.

Puan mengatakan bahwa Megawati menugaskan para kader untuk mengawal Tjahjo sampai ke tempat peristirahatan terakhir.

"Tentu saja menugaskan kami semua kader PDIP untuk bisa mengantarkan Pak Tjahjo ke tempat persamayaman terakhir," kata Puan di rumah duka di Widya Chandra, Jakarta Selatan, dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (1/7).

Kendati tidak hadir langsung, Puan menyampaikan bahwa Megawati sangat sedih dan merasa kehilangan atas kepergian Tjahjo yang sudah dianggapnya sebagai adik sendiri.

Tjahjo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Abdi Mulyo Jakarta pada Pukul 11.00 WIB setelah menjalani perawatan intensif beberapa pekan terakhir akibat sakit infeksi paru-paru yang dideritanya.

Mensesneg Pratikno memimpin prosesi upaca pemakaman mantan Mendagri itu di Blok Z, TMP Kalibata.