10 Jam Diguyur Hujan, Jalur Gunung Gumitir Jember Longsor

Longsor di Gunung Gumitir Jember
Longsor di Gunung Gumitir Jember

Akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi selama 10 jam, tebing bahu jalan Nasional Gunung Gumitir kilometer 36 - 500, Desa Sidomulyo kecamatan Silo Kabupaten Jember, longsor,  sekitar pukul 05.00 WIB, Sabtu (2/7).


Bahu jalan yang longsor itu, menghubungkan Jember - Banyuwangi sepanjang 30 meter dengan kedalaman 10 meter.

"Kami, terpaksa melakukan buka tutup, untuk menghindari kecelakaan dan meluasnya longsoran," ucap Kapolsek Sempolan, AKP Suhartanto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan, tanah longsor tersebut, terjadi di jalan berliku, terjadi akibat hujan deras dengan instensitas tinggi dan dalam waktu lama. 

Akibatnya, bahu jalan yang berada di tikungan kilometer 36 - 500, yang berada di kawasan hutan lindung Perhutani KPH Jember, ambrol sepanjang 30 meter. 

Bahkan besi pagar pembatas jalan  terlihat menggantung di atas tebing.

"Hujan terjadi mulai Jumat (1/7), pukul 18.00 WIB,  hingga  pukul 03.00 WIB Sabtu (2/7)," katanya. 

Mantan KBO Satreskrim Polres Jember ini, menghimbau  pengguna jalan dari arah Banyuwangi dan Jember, untuk berhati-hati saat melintas di jalan tersebut. Sebab, di daerah tersebut sangat rawan kecelakaan, sebelumnya ada 2 mobil mogok dan terbalik di sekitar lokasi tersebut.  

Selain itu untuk, kendaraan berat dari arah Banyuwangi atau timur, saat melintas di jalur tersebut, jangan terlalu ke kiri, supaya tidak terperosok atau menambah areal longsoran.

"Kami berharap pengemudi, yang melintas di jalan tersebut,  bersabar dan berhati-hati dan tidak berebut masuk, supaya tidak terjadi kemacetan atau kecelakaan," terangnya.

Akibat kejadian tersebut, arus lalulintas yang  menghubungkan Jember-Banyuwangi ini, sedikit tersendat. Sebab, arus kendaraan harus bergantian masuk di jalan tersebut, karena polisi melakukan buka tutup arus. 

Suhartanto menambahkan, menyusul kejadian tersebut, Polsek Sempolan, sudah menyiagakan petugas untuk mengatur arus lalu lintas.