Warga Thailand Ikrar Masuk Islam di Masjid Agung Gresik, Bupati Gus Yani Beri Hadiah Al-Quran

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani memberikan hadiah Al-Quran kepada Justin Lerschai Thamtong usai ikrar masuk Islam di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik/RMOLJatim
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani memberikan hadiah Al-Quran kepada Justin Lerschai Thamtong usai ikrar masuk Islam di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik/RMOLJatim

Justin Lerschai Thamtong, seorang warga negara Thailand, mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik untuk dibimbing mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai syarat memeluk agama Islam.


Prosesi warga negeri gajah itu dalam mengucapkan dua kalimat syahadat dibimbing langsung oleh KH A Fathoni Abdussyukur salah seorang pengurus MUI Gresik di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik.

KH Fathoni Abdussyukur mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga dan juga senang. Karena, ada seseorang yang memperoleh hidayah dari Allah SWT dengan dibukakan pintu hatinya untuk memahami Islam hingga menjadikannya sebagai agama pilihannya.

"Alhamdulillah, hari ini saudara kita Justin Lerschai Thamtong sudah sah menjadi orang Islam (muslim). Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat dengan disaksikan banyak orang, salah satunya Bupati Gresik," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (4/7).

Istimewanya momen sakral tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani yang juga memberikan hadiah berupa kitab suci Al-Quran sebagai bentuk apresiasi dan dukungan.

"Prosesi muallafnya saudara kita Justin ini, sungguh hal yang sangat istimewa. Karena, niatannya untuk memeluk agama Islam adalah sebuah hidayah dari Allah SWT. Maka telah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membimbing dan mengajarkan saudara kita ini agar semakin mantab dengan keyakinannya," ungkap Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.

"Dengan Al-Quran ini, semoga beliau (Justin) yang sudah menjadi muallaf bisa lebih memahami tata cara beribadah sesuai syariat islam dan mengetahui apa saja yang dalam ajaran agama islam,” ujarnya.

Ia sengaja memilih Al-Quran sebagai hadiah karena akan lebih bermanfaat sebagai panduan dan tuntunan agar kian mendalam dalam memahami Islam.

"Sengaja saya hadiahkan sebuah kitab suci Al-Quran ini supaya menjadi tuntunan saudara kita (Justin) dalam memeluk agama Islam. Sebab, manfaat yang terkandung dalam Al Qur'an sungguh luar biasa dan tak bisa dibandingkan dengan nilai apapun," tegasnya.