Jamaah Haji Kabupaten Jember, Nafar Awal Sudah Kembali ke Mekkah. 

Jamaah Haji Kabupaten Jember kloter 27 tiba di Hotel Zamasim Swissbell.
Jamaah Haji Kabupaten Jember kloter 27 tiba di Hotel Zamasim Swissbell.

Jamaah Haji Kabupaten Jember Kelompok Terbang (Kloter) 26 dan Kloter  27,  sudah kembali maktab atau hotel di Mekkah,  setelah menyelesaikan Jumrah ula, wustha dan Aqobah, Senin pagi (12 Dzulhijjah 1443/ 12 Juli 2022. 


Mereka yang telah tiba adalah jamaah yang mengambil Nafar awal. Sedangkan jamaah asal Jember yang tergabung kloter 24, gabungan Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, masih stay di Mina, karena mengambil Nafar Tsani.

Diketahui, Nafar awal adalah para jemaah haji meninggalkan Mina setelah melempar jumrah Ula, wustha dan Aqobah, pada tanggal 12 Dzulhijah dan dilakukan harus sebelum terbenam matahari. Sedangkan  nafar tsani adalah jemaah akan meninggalkan Mina pada 13 Dzulhijah.

Menurut ketua KBIHU Assuniyah Kencong, KH Achmad Ghanim Jauhari, seluruh jamaah haji sudah tiba di hotel Zamazim Swiss Bel di Mahbas Jin Makkah, pukul 09.00 WIB, Waktu Arab Saudi. 

"Sudah sampai di hotel semua dan separuh sudah selesai tawaf Ifadah ( tawaf haji," ucap Ketua KBIHU, KH Ahmad Ghanim Jauhari, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (11/7).

Hal senada disampaikan ketua regu KBIHU Albarokah Kalisat Jember, Ustadz Zainul Wasik. Justru  jamaah KBIHU Albarokah, tiba lebih pagi, yakni pukul 07.30 Waktu Arab Saudi. Jamaah langsung isterihat untuk mengembalikan stamina di hotel. 

"Insyallah  Senin sore, kami akan melakukan tawaf Ifadah," ujar Zainul Wasik, dalam pesan WathAppsnya.

Sedangkan jamaah haji mandiri asal Jenggawah Jember, kloter 24, masih tetap stay di Mina, karena mereka mengambil Nafar Tsani.  Menurut ketua regu jamaah Jember kloter 24, Sucipto,  jamaah Jember, yang bergabung dengan Situbondo dan Banyuwangi ini, sudah sepakat untuk mengambil Nafar Tsani.

"Kami sudah bertekad, untuk tinggal 3 hari, selama hari tasyrik, tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijah 1443," ucap guru Agama pada SMP Negeri Jenggawah ini. Sudah tinggal satu hari lagi, berada di Mina," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk hari ini (Senin, 11/7),  jamaah sudah menyelesaikan rangkaian lontar jumrah hari kedua pada hari tasyrik,12 Dzulhijjah 1443. Mereka berangkat dari tenda Mina pada jam 03.00.Waktu Arab Saudi dan tiba di Jamarat jam 04.20. Waktu Arab Saudi.

"Kami sudah tiba kembali di tenda Mina/ setengah 06.00, Waktu Arab Saudi," tutup Sucipto.