Wali Kota Mojokerto Terima Penghargaan Penggerak Koperasi dari Dekopin

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menerima penghargaan sebagai Penggerak Koperasi Terbaik dari Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN). Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum DEKOPIN, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP di Prime Plaza Hotel & Suite Sanur Kota Denpasar, Provinsi Bali, dalam acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75. Kamis (14/7).


"Penghargaan ini menjadi motivasi kita semua untuk lebih memberdayakan koperasi sebagai motor penggerak ekonomi di segala bidang, khususnya bagi masyarakat Kota Mojokerto," ujar Wali kota yang akrab disapa Ning Ita.

Dikatakan koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa diharapkan bisa menjadi tonggak pemulihan ekonomi dampak covid-19 khususnya di Kota Mojokerto.

"Konsep koperasi sebagai kekuatan bisnis sudah terbukti kokoh teruji berbagai resesi ekonomi, speed recovery paling cepat adalah dari UMKM & koperasi. Melalui Program Inkubasi Wirausaha dengan 4P, yaitu Pelatihan, Pendampingan, Pemberian Modal Usaha & Pembentukan Koperasi," jelasnya.

Sementara Ketua DEKOPIN, Sri Untari menuturkan gerakan koperasi mengambil peran penting dalam usaha-usaha kemakmuran rakyat.

"Orientasi inilah yang akan terus kita gelorakan bersama untuk mencapai tujuan kebangsaan dan melaksanakan cita-cita Indonesia merdeka," ujarnya.

Terpisah, Menteri Koperasi Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki berpesan kepada seluruh pembina, penggerak, maupun insan koperasi untuk menjadikan koperasi bertransformasi dari citra model lama (konvensional) menjadi model baru dan professional sehingga mampu sejajar dengan badan usaha lain.

“Koperasi harus memiliki sensitifitas usaha yang tinggi dan diminati generasi muda, melalui momentum hari koperasi yang ke-75 ini pemerintah menggelorakan gerakan “ayo berkoperasi” yang terhubung dengan gerakan revolusi mental yang bertujuan meningkatkan literasi perkoperasian dan menarik generasi muda untuk berkoperasi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, terdapat tiga kategori penghargaan Koperasi yang diberikan oleh DEKOPIN pada puncak acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75, diantaranya Pembina Koperasi Terbaik, Penggerak Koperasi Terbaik, serta Penghargaan Khusus.