Kembali Di Gelar, Bulaga Jombang Diharapkan Menjadi Solusi Layanan Masyarakat

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Kembali, Bulaga (Bupati Dan Wakil Bupati Melayani Warga) digelar sebagai layanan cepat akurat dalam pelayanan publik di Kabupaten Jombang. Kali ini, Bulaga yang ke 7 tahun 2022 ini di selenggarakan di Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan.


Sejak Rabu, (20/07) kemarin pelayanan publik dari 22 instansi mulai dari OPD, BUMD, BLUD, serta organisasi masyarakat memberikan 67 jenis pelayanan yang terintegrasi seperti, pelayanan catatan sipil, pelayanan cek kesehatan, pelayanan perijinan, pembayaran pajak daerah, pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi.

Kegiatan Bulaga merupakan sinergitas dengan seluruh OPD juga disiarkan langsung oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jombang melalui streaming YouTube Channel Jombangkab TV serta siaran langsung di Radio Suara Jombang 104.1 FM yang berlangsung selama dua hari hingga Kamis (21/07) sore ini.

 "Alhamdulillah, apresiasi dan kami haturkan terima kasih semua pihak yang terlibat dalam Bulaga ini," kata Mundjidah Wahab, Bupati Jombang, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati Perempuan Pertama di Jombang ini mengungkapkan, Bulaga di desa Tengaran Kecamatan Peterongan merupakan pelaksanaan Bulaga yang ke 7. Bulaga pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 yang bertempat di Kecamatan Kudu.

"Semua masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Peterongan, Tembelang, Kesamben dan sekitarnya bisa memanfaatkan pelayanan publik tersebut. Acara Bulaga ini berlangsung 2 (dua) hari," terangnya.

Dia menjelaskan, bahwa Bulaga merupakan inovasi dan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara optimal. Peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan mudah dijangkau.

Salah satu strateginya adalah program bulaga yang mendekatkan pelayanan kepada warga. Tujuan utama dari adanya Bulaga yakni mewujudkan pelayanan secara efektif, cepat dan efisien kepada masyarakat Kabupaten Jombang.

" Bulaga kali ini mengusung hashtag #lebih dekat, semakin cepat yang berarti kami pemberi layanan mendekatkan, menghadirkan pelayanan prima lebih dekat dengan masyarakat agar manfaat dari pelayanan bisa lebih cepat didapatkan oleh masyarakat yang pada kesempatan ini yakni masyarakat Kecamatan Peterongan, Kesamben dan Tembelang," tambahnya

Dia berharap, masyarakat Kabupaten Jombang memanfaatkan dengan baik dan pelayanan publik yang di boyong langsung kedesa berjalan optimal. Juga memberikan saran dan kritik terhadap layanan publik ini dalam upaya membangun pemerintahan yang kreatif, inovatif, dan mudah.

" Alhamdulillah, kami melihat masyarakat antusias dalam menyambut kegiatan bulaga. Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi keberkahan untuk semua. Insyaallah Bulaga kedepan standnya akan dilombakan, biar lebih bersemangat dan lebih semarak," pungkasnya.