Komitmen Bantu Masyarakat Miliki Rumah, bank bjb Kolaborasi dengan Pengembang

bank bjb berkomitmen membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa memiliki rumah.


Komitmen ini karena bank bjb sebagai salah satu bank penyalur kredit kepemilikan rumah bersubsidi.

Komitmen dibuktikan melalui penandatanganan akad kredit massal bank bjb Kantor Cabang Surabaya dengan Pengembang FLPP PT Alfatih Konstatinopel Putra dan PT Cipta Adi Perkasa, di Kabupaten Jember, Senin (25/07).

Acara tersebut dihadiri Pemimpin bank bjb Cabang Surabaya Heru Baharudin, Manajer Bisnis KPR dan KKB Fendy Armanto dan perwakilan dari Sentra KPR Wilayah 5.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto mengatakan, bank bjb terus mendukung pemerintah agar setiap masyarakat Indonesia khususnya MBR dan MBM yang memiliki kapasitas keuangan terbatas bisa mendapatkan rumah layak huni melalui penyaluran KPR FLPP.

"bank bjb sebagai salah satu bank penyalur KPR FLPP, berupaya meningkatkan daya beli MBR dan MBM untuk mendapatkan bantuan pembiayaan perumahan," kata Widi.

bank bjb terus meningkatkan penyaluran KPR FLPP mengingat masih banyak masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah bawah yang masih belum memiliki rumah. Padahal, keinginan masyarakat memiliki rumah sangat tinggi.

Di sisi lain, banyak pengembang perumahan yang membangun rumah baru namun harga yang ditawarkan kepada masyarakat terlalu tinggi dan sulit dicapai.

Kurangnya daya beli masyarakat terhadap perumahan baru membuat banyak perumahan sepi pembeli sehingga banyak pengembang yang merugi khususnya di wilayah Jawa Timur. 

"Dengan adanya kerjasama antara bank bjb dengan pengembang perumahan FLPP dan Komersil akan menaikkan daya beli masyarakat terutama MBR dan MBM agar bisa memiliki rumah," kata Widi.

Ada pun ruang lingkup perjanjian kredit antara bank bjb Kantor Cabang Surabaya dengan debitur bjb KPR FLPP meliputi pemanfaatan fasilitas KPR baik yang bersubisidi maupun tidak bersubsidi pemerintah.

Selain itu, kerjasama ini akan meningkatkan portofolio kredit dan NoA tabungan bank bjb, pemasaran rumah kepada masyarakat khususnya di wilayah Jawa Timur, serta pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan untuk pembayaran angsuran kepemilikan rumah.

"bank bjb juga hadir dengan beragam produk dan kemudahan fasilitas pembiayaan bjb KPR agar masyarakat bisa mendapatkan rumah idaman," pungkas Widi.