Cegah Korupsi, KPK akan Ajak Pejabat Tinggi Rasakan Dinginnya Sel Penjara Koruptor

Media briefing Program Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Jakarta Selatan, Senin (1/8)/RMOL
Media briefing Program Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Jakarta Selatan, Senin (1/8)/RMOL

Sejumlah program terus dirancang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai upaya menekan angka korupsi di tanah air. Terkini, KPK punya program penguatan antikorupsi yang menyasar para pejabat tinggi.


Program bertajuk Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) ini dikemas dalam bentuk pembekalan antikorupsi bagi para penyelenggara negara beserta pasangan melalui diklat pembangunan integritas.

Dijelaskan Direktur Sosialisasi dan Kampanye KPK, Amir Arief, program PAKU Integritas ini menyasar Menteri dan eselon I dari Kementerian/Lembaga yang bergerak di lini Sumber Daya Alam (SDA), Tata Niaga dan Bisnis, Ekonomi, Pelayanan Publik, Hukum, dan Politik.

Para peserta akan mengikuti pembekalan dan diklat selama satu setengah hari, dan diharapkan bisa menjadi pemimpin yang menjadi tauladan bagi para pegawainya di masing-masing institusi.

"Kita berikan nilai-nilai integritas atau kejujuran. Intinya mereka jangan sampai tergoda dengan tindak pidana korupsi," kata Amir, dalam kegiatan media briefing Program Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Jakarta Selatan, Senin (2/8).

Ada yang menarik dari progam edukasi antikorupsi ini. Untuk memberikan pengalaman berbeda, peserta akan diajak untuk merasakan sel koruptor selama 5-10 menit.

Momen tersebut akan menjadi wadah perenungan bagi peserta agar mereka tidak terjerat dalam tindak pidana korupsi hingga menjadi penghuni sel tersebut.

"Kita ajak mereka berkomitmen ketika melangkah atau bekerja untuk ingat pada keluarga. Akhirnya mereka akan menjadi agen penggerak integritas budaya antikorupsi," pungkas Amir.