Tahun 2022, Kemenkominfo Komitmen Genjot Indeks Literasi Digital Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerrard Plate/Net
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerrard Plate/Net

Kementerian Komunikasi dan Informasi terus melakukan upaya dalam meningkatkan penguatan literasi digital masyarakat seiring berkembangan digitalisasi di Indonesia yang kian pesat.


Berdasarkan survei yang dilakukan Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021, indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level sedang dengan skor 3.49.

Angka tersebut, dikatakan Menteri Kominfo Johnny G.Plate, merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46.

Untuk itu, katanya, Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat dengan target indek literasi digital di tahun 2022 bisa lebih baik.

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat," ujar Johnny Plate kepada wartawan, Selasa (9/8) dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Dikatakan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem itu, potensi sumber daya manusia yang besar. Sehingga, harus dibekali dengan literasi yang kuat agar perkembangan digitaliasi bisa bermanfaat maksimal.

"Tujuan peningkatan skor indeks literasi digital tersebut dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal," tandasnya.