8 Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus Tim Reskrim Polres Probolinggo Kota

Kapolres beserta Kasat Reskrim dan jajaran saat merilis pelaku curanmor.
Kapolres beserta Kasat Reskrim dan jajaran saat merilis pelaku curanmor.

Polres Probolinggo Kota berhasil meringkus 8 pelaku Curanmor yang sering meresahkan masyarakat Kota Probolinggo.


Salah satu pelaku asal Lumajang, menggunakan pistol palsu untuk menakut-nakuti korbannya.

Aksinya itu terhenti, setelah tim buru sergap meringkusnya, Juli 2022 kemarin.

Dari tangan Handoko, warga Lumajang, polisi menyita sejumlah barang bukti. Mulai dari rumah kunci T, korek berbentuk hand-gun, dompet, anak kunci T dan pembuka gembok.

“Jadi di satu TKP, pelaku ini beraksi dengan membawa benda menyerupai pistol. Namun setelah kami lakukan pengecekan, ternyata benda itu merupakan pemantik api atau korek,” kata Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (10/08).

Dari pengusutan tersebut, polisi juga membekuk delapan pelaku lain. Serta empat penadah. Semuanya, beraksi di empat TKP berbeda. Pengungkapan para pelaku itu, terjadi sepanjang Juli 2022 kemarin.

Menyikapi maraknya pencurian dengan berbagai macam modus itu, Wadi meminta masyarakat untuk waspada setiap saat, seperti halnya mengamankan terlebih dahulu kendaraan bermotor. Salah satu contoh, menggunakan kunci ganda saat parkir.

“Kunci berlapis itu, berfungsi untuk memperlambat atau mempersulit gerak pencuri,” jelas Kapolres. 

Sejauh ini, berdasarkan data dari kepolisian, aksi para pelaku tidak menggunakan pola tertentu. Melainkan beraksi secara ‘random’ atau acak.