Ketua Golkar Jatim, M. Sarmuji Bangga Reog Ponorogo Antar KIB Daftar ke KPU

foto/net
foto/net

Partai Politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KBI) yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan melakukan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.


Pendaftaran parpol dari koalisi Indonesia bersatu berlangsung meriah. Diawali di Graha Mandiri lalu massa berjalan kaki dengan memakai pakaian adat. Tidak ketinggalan Pawai budaya dari berbagai kesenian daerah ikut mengiringi rombongan yang terdiri dari kader dan fungsionari ketiga partai tersebut. 

Ketua Golkar Jatim M. Sarmuji merasa senang dan bangga salah satu kesenian rakyat Jawa Timur ikut mendampingi pendaftaran Parpol KIB. 

"Saya bangga reog dilibatkan dalam pendaftaran Parpol. Ini bentuk apresiasi sekaligus pengakuan eksistensi reog secara nasional sekaligus komitmen kita untuk menjaga dan mengembangkan kesenian tradisional khususnya yang berasal dari Jawa Timur," Ujar Sarmuji.

Penampilan Reog Ponorogo cukup menarik perhatian masyarakat sepanjang iring-iringan rombongan menuju KPU. Sarmuji, ketua Golkar jatim yang turut dalam rombongan KIB terlihat antusias dengan tarian asli Jawa timur tersebut.

"Ini menjadi bukti bahwa Partai Golkar dan koalisi yang ada di KIB, memiliki komitmen yang kuat dan melibatkan seluruh elemen bangsa termasuk kesenian dalam proses membangun bangsa," Ungkap Sarmuji

"Kami menginginkan bahwa dalam membangun sebuah bangsa seluruh anak bangsa harus terlibat di dalamnya. Harus ada keseimbangan, saling mengisi, dan saling mendukung ke depannya. Hari ini KIB telah memulainya," tambah Sarmuji. 

Selain Reog Ponorogo, Terpantau anggota KIB ada yang memakai pakaian adat dayak dan papua. Juga terlihar tarian yosim pancar (yospan) dari Papua, pencak silat Betawi, hingga marawis.

Sarmuji, yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI berharap partai politik akan semakin terlibat dalam pelestarian budaya daerah.

"Semoga ke depan partai politik semakin terlibat dalam pelestarian kebudayaan yang mengakar di masyarakat melalui regulasi-regulai yang yang lebih kuat sebagai wujud kepribadian bangsa Indonesia," pungkas Sarmuji

Pukul 10.00 WIB tiga ketua umum Koalisi Indonesia Bersatu, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa mulai menuju kantor KPU untuk melakukan pendaftaran partai politik.