Daftar Bacaleg PKB Jombang Gratis, Target Raih 15 Kursi Legislatif

Ketua DPC PKB Jombang Hadi Atmaji/RMOLJatim
Ketua DPC PKB Jombang Hadi Atmaji/RMOLJatim

DPC PKB Kabupaten Jombang mula membuka pendaftaran Bacaleg (bakal calon legislatif) bagi masyarakat umum. Sudah ada belasan yang mendaftar dari berbagai tokoh lintas elemen masyarakat.


"Alhamdulillah, sudah ada 16 orang yang mendaftarkan diri baik secara online maupun offline," kata Ketua DPC PKB Jombang Hadi Atmaji, disela-sela pembukaan Bacaleg di gedung Grha Gus Dur, jalan Laksda Adi Sucipto, Denanyar, Selasa (16/8).

Hadi menargetkan sebanyak 50 orang Bacaleg yang akan bergabung di partai berlambang bumi tersebut pada pemilu 2024 mendatang. Sedangkan untuk kursi di Pileg 2024 dirinya menargetkan 15 Kursi yang akan diraihnya.

Yakni, komposisi 60 persen dari kader internal PKB, 20 persen dari kalangan akademisi atau profesional dan intelektual, dan 20 persen selanjutnya dari background kalangan nahdliyin atau Nahdatul Ulama. Mereka yang mendaftar tidak dipungut biaya alias gratis.

"Untuk target perolehan sebanyak 15 kursi legislatif. Dan kami juga membuka peluang bagi siapa saja yang mau bergabung dengan PKB, siapapun boleh mendaftar. Dari partai lain juga tidak masalah. Pendaftarannya gratis," ujar Hadi dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan berusaha memenuhi porsi 30 keterwakilan perempuan sesuai dengan aturan KPU. Sedangkan untuk pendaftarannya bisa melalui online maupun offline datang langsung ke kantor memberikan berkasnya.

"Kita akan berusaha memenuhi kuota keterwakilan perempuan tersebut, dan pendaftaran Bacaleg ini akan ditutup sampai kuota terpenuhi," pungkasnya.

Launching Bacaleg yang digelar di Kantor Graha Gus Dur tersebut juga dihadiri kader PAC dan Pengurus DPC PKB.

Selain itu, Ketua DPRD Masud Zuremi dan beberapa anggota DPRD Jombang dari Fraksi PKB juga hadir, bahkan anggota DPRD Propinsi Jawa Timur, Athoillah atau Gus Ayik asal Dapil 10 (Jombang-Mojokerto).