Sebagai Pabrik Kekuasaan, Partai Politik Diminta Bersih dari Tindak Pidana Korupsi

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron/Net
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron/Net

Sebagai pabrik kekuasaan, partai politik (parpol) harus bersih dari tindak pidana korupsi dan memiliki integritas agar melahirkan para pemimpin yang juga berintegritas.


Harapan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron di hadapan puluhan pengurus DPP Partai Nasdem di acara Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 yang diselenggarakan secara langsung di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Kuningan, Jakarta Selatan dan virtual pada hari ini, Selasa (16/8).

Ghufron mengatakan, KPK melalui kegiatan PCB bertujuan untuk memperbaiki dua hal, yakni memperbaiki sistem dan integritas kader parpol.

"Parpol itu apa? Parpol itu adalah pabrik kekuasaan Pak," ujar Ghufron.

Karena, kata Ghufron, jika ingin menjadi anggota legislatif, diproduksi atau dicalonkan dari parpol. Selain itu, jika mau jadi kepala daerah, juga dari parpol. Bahkan, membuat UU juga dari parpol.

"Begitu dahsyat dan besarnya kekuasaan parpol. Maka kemudian kalau parpolnya tak sehat, jangan harapkan kemudian produknya sehat, UU-nya akan sehat, pemimpin-pemimpinnya akan sehat, ya gak mungkin," pungkas Ghufron.

Pengurus DPP Nasdem yang hadir langsung di acara PCB KPK ini di antaranya, Ketua Koordinator Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Suyoto; Ketua DPP Bidang Perempuan dan Anak, Virgie Baker; Ketua DPP Bidang Pemilih Pemula dan Milenial, Lathifah Al Anshori; dan beberapa Wakil Sekretaris Jenderal DPP Nasdem.