Kampanyekan Hidup Bersih dan Cintai Lingkungan, Aksi GPK Jombang di Pawai Budaya Peringatan HUT RI

Aksi bersih-bersih GPK Jombang
Aksi bersih-bersih GPK Jombang

Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Kabupaten Jombang menggelar kampanye lingkungan dan bijak kelola sampah, pada Sabtu 20 Agustus 2022, dalam pawai budaya Karnaval peringatan Hari Kemerdekaan RI.


Kegiatan tersebut, dilangsungkan di seputaran bundaran Ringin Contong, jalan A Yani, Jombang.

GPK cinta kebersihan lingkungan ini merupakan inisiasi GPK yang turut serta membantu persoalan sampah di Kabupaten Jombang dengan berkordinasi Dinas Lingkungan Hidup setempat dan relawan lingkungan lainnya.

Sebelum pawai budaya berlangsung melintasi jalan Gus Dur A. Yani GPK cinta kebersihan ini melakukan aksi dengan membawa kantong sampah berjalan diseputaran masyarakat yang menonton pawai budaya dengan memungut sampah yang berserakan.

Ketua GPK Jombang, H Mujtahidur Ridho (Gus Edo) menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk mengkampanyekan soal lingkungan serta bijak kelola sampah kepada masyarakat yang menikmati pawai budaya karnaval peringatan 17 Agustus atau hari Kemerdekaan RI ke-77.

Lebih lanjut Gus Edo menyatakan para peserta pungut sampah yang hadir adalah kader GPK dan relawan lingkungan lainnya.

"Alhamdulillah, kami sangat bangga dengan aksi kebersihan lingkungan ini, masyarakat juga sadar atas kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya," ujarnya.

Dorongan bersih lingkungan ini juga ditunjukkan oleh Bupati Jombang saat mengikuti pawai budaya bersama Forkopimda dengan memberikan contoh budaya hidup bersih dan sehat dengan memunguti dan menyapu sampah di sepanjang jalan. 

Tanpa risih, sambil membawa sapu lidi Bupati Mundjidah dan Forkopimda ini membersihkan sekitar lokasi yang berserakan di rute karnaval.

Gus Edo mengajak semua lapisan masyarakat untuk mencintai lingkungan dan menjaga kebersihan agar dapat menumbuhkan generasi yang hebat, berkarakter dan berdaya saing.

"Bekerja dengan hati, untuk jombang berkarakter, bersih hatinya, indah kotanya, bahagia warganya," katanya.

Antusiasme masyarakat Jombang dalam mengikuti gelaran Pawai budaya karnaval dalam peringatan hari kemerdekaan RI ke 77 yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB sampai berakhir berjalan dengan tertib dan kondusif.