SURVEI SSC: PDIP, PKB, dan Gerindra Paling Diminati Nahdliyin, PPP Urutan Keenam

Peneliti SSC Mochtar W Oetomo saat memberikan pemaparan hasil survei/ist
Peneliti SSC Mochtar W Oetomo saat memberikan pemaparan hasil survei/ist

  PDIP menjadi partai politik yang paling dipilih oleh kalangan Nahdliyin. Hal itu terungkap melalui hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) di Jawa Timur.


Terkait hal tersebut, Direktur SSC, Mochtar Wahyu Oetomo mengungkapkan jika PDIP berada di posisi pertama diikuti oleh PKB dan Gerindra di posisi kedua dan ketiga.

“PDIP meraih 27 persen, sedangkan PKB 22,4 persen, dan Gerindra 12 persen,” urainya.

Lebih lanjut Mochtar menambahkan Demokrat memiliki perolehan 7 persen, sedangkan Golkar dengan 6,8 persen, PPP ada 3,8 persen, Nasdem ada 3,6 persen, dan PKS dengan 2 persen.

“Lainnya masih di bawah itu, seperti Perindo 1,6 persen, PPAN 1 persen, PSI 0,3 persen. Kemudian sisanya Garuda, Berkarya, PAN, Hanura, PBB, PKPI, Ummat, Gelora, PKN, dan Prima semuanya sama-sama memeroleh 0,1 persen. Sementara yang tidak tahu atau tidak memilih ada 11,7 persen”, imbuh pria yang juga dosen di FISIB Universitas Trunojoyo ini.

 Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.